PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS INDONESIA (ELC)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.7482Keywords:
Pemanfaatan Social Media Marketing Melalui Instagram, Kesadaran Merek.Abstract
Di era teknologi yang sudah berkembang sampai 5.0 yang dimana sudah semua bidang melakukan digitalisasi sehingga semakin modernnya kehidupan tiap lini masyarakat. Sampai cara masyarakat mendapatkan sebuah informasi pun sudah sangat berbeda dari yang mendapatkan informasi dari koran sampai melihat sebuah promosi suatu brand melalui media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lain. Instagram merupakan platform digital sosial media yang paling banyak memiliki pengguna karena memiliki banyak fitur di dalamnya. Karenanya social media marketing sangatlah penting bagi para pelaku usaha saat ini karena tiap perusahaan harus memiliki brand awareness. ELC Indonesia merupakan penyedia jasa kursus Bahasa Inggris untuk individu maupun untuk sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kontribusi social media marketing menggunakan Instagram pembangunan kesadaran merek ELC Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperoleh temuan bahwa social media marketing menggunakan Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterkenalan merek sebesar 70%. Dengan demikian maka pemanfaatkan Instagram perlu dioptimalkan karena terbukti dapat meningkatkan kesadaran merek.
References
Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/v6i1.229
Escobar-Rodríguez, T., Grávalos-Gastaminza, M. A., & Pérez-Calañas, C. (2017). Facebook and the intention of purchasing tourism products: Moderating effects of gender, age and marital status. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism, 17(2), 129–144. https://doi.org/10.1080/15022250.2015.1137784
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.
Ismail, A. R. (2017). The influence of perceived social media marketing activities on brand loyalty: The mediation effect of brand and value consciousness. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 29(1), 129–144. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2015-0154
Kotler, P and Kevin L Keller. (2019). Marketing Management. Pearson, United States of America.
Maria, S., Pusriadi, T., Hakim, Y. P., & Darma, D. C. (2019). The effect of social media marketing, word of mouth, and effectiveness of advertising on brand awareness and intention to buy. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(2), 107−122.
Murdana, Y. T., & Suryawardani, B. (2019). Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Brand Awareness Pada Pt . Dealpro Indonesia Bandung 2019 the Influence of Social Media Marketing Through Instagram Towards Brand Awareness At Pt . Dealpro Indonesia Bandung 2019. Manajemen Pemasaran, 5(2), 847–851. Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/download/10201/10057
Panigyrakis, G., Panopoulos, A., & Koronaki, E. (2020). All we have is words: Applying rhetoric to examine how social media marketing activities strengthen the connection between the brand and the self. International Journal of Advertising, 39(5), 699–718. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1663029
Priansa, Donni Juni. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Shen, B., & Bissell, K. (2013). Social media, social me: A content analysis of beauty companies’ use of Facebook in marketing and branding. Journal of Promotion Management, 19(5), 629–651. https://doi.org/10.1080/10496491.2013.829160
Sholihin, M. (2019). Marketing Muhammad SAW. Yogyakarta: Camerlang.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif and R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.