OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN CAFÉ TEDUH TERRA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.7523Keywords:
optimalisasi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan berkelanjutanAbstract
Kafe Teduh Terra mengupayakan kualitas pelayanan terbaik bagi konsumen yang menjadi target pasarnya agar menjadi puas yang berkelanjutan. Kepuasan terkait kinerja Kafe Teduh Terra yang diberikan serta harapan dari pelanggan Kafe Teduh Terra. Namun demikian kafe Teduh Terra belum mampu sepenuhnya memenuhi kepuasan dan harapan pelanggan. Dengan demikian, maka tujuan penelitian ini terkait dengan optimalisasi kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan Kafe Teduh Terra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data melalui survei, serta melakukan analisis terhadap data-data survei yang dikaitkan dengan hasil penelitian terdahulu. Sampel penelitian yang digunakan merupakan 100 pelanggan yang telah berkunjung pada Kafe Teduh Terra. Teknik analisis yang digunakan regresi sesuai dengan jumlah variabel yanbg digunakan. Temuan penelitian menujukkan dimensi kualitas pelayanan berada pada rerata kategori yang tinggi sementara kepuasan pelanggan berada pada rerata yang cukup. Terbukti juga dalam penelitian ini bahwa optimalisasi kualitas pelayanan mampu memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap aspek-aspek yang terkait kepuasan pelanggan. Implikasi peneltiian ini adalah perlunya Kafe Teduh Terra mengoptimalkan kualitas pelayanan serta adanya dukungan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam dengan melibatkan variabel yang lain.
References
Anwar, G., & Shukur, I. (2015). The Impact of Training and Development on Job Satisfaction: A Case Study of Private Banks in Erbil. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 2(1).
Arambewela, R., & Hall, J. (2006). A comparative analysis of international education satisfaction using SERVQUAL. Journal of Services Research, 6, 141.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.
Kotler, P and Armstrong (2018). Basic Marketing. USA: Pearson Education.
Kotler, P and Kevin L Keller. (2019). Marketing Management. Pearson, United States of America.
Muiz, M., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang di Mediasi Variabel Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen GrabBike Online di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(10).
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. The Journal of Marketing, 49(4), 41-50.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. Journal of retailing, 64(1), 12.
Priansa, Donni Juni. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Purwasih, R., Yuliana, Y., & Suyuthie, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kafe Batavia Padang. E-Journal Home Economic and Tourism, 16(1).
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada UD. Eva Group Mataram. Valid Jurnal Ilmiah, 16(1), 123-135.
Rehman, A. Abdul (2012). Customer satisfaction and service quality in Islamic banking: A comparative study in Pakistan, United Arab Emirates and United Kingdom. Qualitative Research in Financial Markets, 4(2/3), 165-175.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif and R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wang, I. M., & Shieh, C. J. (2006). The relationship between service quality and customer satisfaction: the example of CJCU library. Journal of Information and Optimization Sciences, 27(1), 193-209. Westbrook, R. A. (1980). A rating scale for measuring product/service satisfaction. The Journal of Marketing, 44(4), 68-72.