Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Produk Lipstik Merek Viva Cosmetics di Kota Surabaya

  • Oktarifa Anggun Saputri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Hery Pudjoprastyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Dalam lingkungan industri yang semakin kompetitif, perusahaan harus berhati-hati dalam menganalisis perilaku konsumen agar dapat menghitung pangsa pasar barang mereka dengan tepat dan berdampak pada minat beli pelanggan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menilai pengaruh brand ambassador, citra merek, dan kualitas produk terhadap minat beli produk lipstik merek Viva Cosmetics di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 104 responden yang sesuai dengan persyaratan pengambilan sampel. Pendekatan Non Probability Sampling dengan metodologi Purposive Sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Pendekatan analisis data menggunakan program SMART PLS. Berdasarkan hasil penelitian, duta merek, citra merek, dan kualitas produk semuanya berkontribusi terhadap minat konsumen pada produk lipstik merek Viva Cosmetics.

Kata Kunci : Brand Ambassador; Citra Merek; Kualitas Produk; Minat Beli

References

Aguilika, D. (2022). Pengaruh Iklan, Brand Image dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee. Journal Eco-Entrepreneur. Vol. 8 No. 2.
Alistian, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (Survei Pada Konsumen Scarlett di Toko Koleksi Tasik Termurah). Jurnal Cendikia Ilmiah. Vol. 1 No. 5.
Aristo, R. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Smartphone Realme. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 11 No. 4.
Danang, Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Darmawan, P. A. D., dkk. (2022). Pengaruh Elektronic Word Of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 7 No. 1.
Firmansyah, M.A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Qiara Media. Jawa Timur.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta:Erlangga.
Melinda, V., & Artina, N., & Lestari, R. B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Brand Ambassador, dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Nature Republic di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, Vol. 3 No. 1.
Oktavia, C. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Song Jong Ki Dan Brand Image Scarlett Whitening Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. Vol. 5 No. 2.
Pramesti, E. A., Wardhana, A. (2022). Pengaruh Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Pepsodent di Kota Bandung. Journal of Management & Business. Vol. 4 No. 3.
Ria, K. (2022). Mengapa Produk Perawatan Kulit Wajah Viva Walaupun Cukup Bagus Bisa Dijual Dengan Harga Murah, Sehingga Tak Sedikit Yang Memakai Produk Ini?. Retrieved from Quora https://id.quora.com/
Rosyadi, A. (2021). Peran Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Melalui Brand Awareness. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), Vol. 18 No. 2.
Sari, Y. R., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image, dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), Vol. 3 No. 1.
Sudrajat, M. R. N., & Triwardhani, I. J. (2022). Hubungan Penggunaan Brand Ambassador Dengan Minat Beli Produk. Bandung Conference Series : Communication Management. Vol. 2 No. 2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Top Brand Index. (2022). Top Brand Index. Kategori Perawatan Pribadi Lipstik. Retrieved from https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/.
Published
2024-02-13
Abstract viewed = 61 times
pdf downloaded = 46 times