Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Dealer Nusantara Sakti Jakarta Barat

Authors

  • Fitra Pratama Putra Universitas Nasional
  • Suadi Sapta Putra Universitas Nasional
  • Kumba Digdowiseiso Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v6i2.8231

Abstract

This study aims to determine the effect of the t test on product quality, product design and brand image variables on purchasing decisions. The sample in this study was 100 respondents who made a decision to purchase a Honda Beat motorcycle dealer Nusantara Sakti. Inferential analysis technique with multiple linear regression and using Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 20. From the t test results show that the Product Quality variable (X1) does not have a large influence 0.498 < 1.984 Product Design  variable (X2) does not have a significant effect 0.828 < 1.984 and Brand Image (X3) has an influence of 8.098 > 1.984 on purchasing decisions. It can be concluded that product quality and product design have no effect on purchasing decisions and brand image variables affect purchasing decisions.

Keywords: Product Quality, Product Design, Brand Image and Purchase Decision.

References

Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiolan, L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT. Journal of Management, 2(2), 17 halaman.
Adonis, M. R., & Silintowe, Y. B. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citra merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal CAPITAL, 4(1), 118–138.
Anderson. (2016). Statistics for Business & Economics. Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi.
Asriani, D., & Muhajirin, M. (2021). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Honda Scoopy Pada Astra Motor. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPRO), 2(2), 211–222.
Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 67.
Fandy, T. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta. Fandy, T., & Anastasia, D. (2016). Pemasaran : esensi & aplikasi. Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Husein, U. (2016). Studi Kelayakan Bisnis (ketiga). Tanggerang.
Ihda, A. La, Waluyo, H. D., & Widayanto. (2014). Pengaruh Inovasi Produk Baru , Citra Merek , Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pc Tablet Apple Ipad (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Ipad Di Fisip Undip Semarang).
Kotler, P, & Keller, K. . (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, Phillip, & Gary, A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip, & Gary, A. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, Phillip, & Kevin, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip, & Kevin, K. L. (2016). Marketing Management (16thEditio ed.).
Lingkan, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol.16(No.01), 493–502.
Mawey, H. E. (2013). MOTIVASI, Persepsi, Dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Rajawali Nusindo Cabang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 791–801.
Pradana. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Purwati, Setiawan, H., & Rohmawati. (2012). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelianmotor Hondamatic Beat (Studi Kasus Pada Pt. Nusantara Solar Sakti).
Rawung, D. R., Oroh, S., & Sumarauw, J. S. (2015). Analisis Kualitas Produk, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1298–1308.
Romdonah, R., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Honda Pratama Kurnia Kasih). Undefined.
Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 4(2), 1–10.
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 881–890.
Soeprihanto, J., & Sumarni, M. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan) (edisi 5).
Sopiah, & Etta, S. M. (2016). Salesmanship (kepenjualan). Sugiyono. (2014). Metode Penelitian dan Strategi Merek (Mix Methode). Bandung, Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Supriyanto, A. (2022) ‘Komitmen Organisasi: Ditinjau dari Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional Yang Dimoderasi Leader-Member Exchange’, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Keuangan, 11(1).
Supriyanto, A. (2022) ‘Peran Nilai-Nilai Islami Dalam Kewirausahaan Untuk Menunjang Sebuah Kinerja Bisnis’, El-Hekam, 7(1), pp. 69–82.
Supriyanto, A. et al. (2022) ‘Kesuksesan Muslimah Pelaku UMKM: Peran Dimensi Entrepreneurial Orientation’, BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 10(2), pp. 267–286.
Tjiptono, & Fandy. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: Andi.
Wahmuda, F., & Puspitasari, R. (2015). Pengembangan Desain Produk dari Tongkol Jagung Berbasis Industri Kreatif.
Wongso, H. (2012). Strategi Yamaha Dalam Memenangi Persaingan Teknologi Fuel Injection Pada Industri Otomotif Indonesia - Kompasiana.com. Retrieved October 28, 2021, from https://www.kompasiana.com/hendriswongso/550dc7ef813311cf2bb1e5bd/st rategi-yamaha-dalam-memenangi-persaingan-teknologi-fuel-injection-pada- industri-otomotif-indonesia
Yustiawan, O., & Prijati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Downloads

Published

2023-11-23