Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Spotify (Studi Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga dan promosi terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS) dengan memanfaatkan software smartPLS 4.0. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Spotify pada mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang berjumlah 21.539 mahasiswa. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan melakukan pengumpulan data melalui penyebaran google formulir. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah harga dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen aplikasi Spotify pada mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Harga dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen aplikasi Spotify pada mahasiswa UPN “Veteran’ Jawa Timur. Kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen aplikasi Spotify pada mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur.
References
Iqbal, Mansoor. (2023) Spotify Reveneu and Usage Statistic (2023) diakses pada 10 September 2023 dari https://www-businessofapps-com.translate.goog/data/spotify-statistics/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Amstrong, G. (2005). Principles of Marketing. In The Economic Journal. https://doi.org/10.2307/2224326
Kotler dan Keller. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran By Philip Kotler Gary Armstrong Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Kuswandi, D., & Nuryanto, G. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(10), 1705–1722. https://doi.org/10.36418/jist.v2i10.255
Larkin, Sarah. (2023). Who Is Today’s Spotify Customers?. Diakses pada 19 September 2023 dari https://www-comscore-com.translate.goog/Insights/Blog/Who-is-today-s-Spotify-Consumer?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2192–2207. https://doi.org/10.58413/jma.v1i1.220
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta (Issue 1).
Copyright (c) 2024 Oktavia Pramasta Sari, Siti Ning Farida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.