City Image Dan Memorable Tourism Experience Sebagai Anteseden Revisit Intention (Studi Pada Wisatawan Heritage Tourism Di Kota Bandung)

Authors

  • Destianti Rahayu Putri Suripto Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yadi Ernawadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.8599

Keywords:

Authenticity, City Image, Memorable Tourism Experience, Revisit Intention.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh authenticity dan city image terhadap revisit intention yang dimediasi oleh memorable tourism experience pada kawasan Jl. Asia-Afrika dan Jl. Braga Kota Bandung. Sebanyak 120 responden yang berpengalaman mengunjungi kawasan Jl. Asia-Afrika dan Jl. Braga Kota Bandung berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode cross-sectional atau one shot digunakan untuk mendapatkan data. Instrumen penelitian telah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM)  dengan menggunakan alat bantu Smart-PLS versi 3.0. Dari tujuh hipotesis penelitian yang diusulkan, empat diantaranya didukung oleh data empiris. City image ditemukan berpengaruh positif terhadap revisit intention baik secara langsung maupun melalui memorable tourism experiences. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penelitian selanjutnya dan pihak pengelola objek yang dinilai yakni pemerintah Kota Bandung terkait perancangan strategi yang relevan dengan peningkatan kualitas atribut tersebut.

References

Administrator Indonesia.go.id. (2019). Melongok Jalan Legendaris di Kota Bandung. https://indonesia.go.id/kategori/budaya/1243/melongok-jalan-legendaris-di-kota-bandung
Ahsanah, U., & Artanti, Y. (2021). The Role of Memorable Tourism Experiences in the Relation between City Image and Visitor Engagement Toward Re-Visit Intention to Yogyakarta City. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(1), 56–70. https://doi.org/10.18196/mabis.v12i1.9138
Beverland, M. B., & Farrelly, F. J. (2010). The quest for authenticity in consumption: Consumers’ purposive choice of authentic cues to shape experienced outcomes. Journal of Consumer Research, 36(5), 838–856. https://doi.org/10.1086/615047
Brown, G. (2006). Mapping Landscape Values and. Tourism, 113(November 2012), 101–113. https://doi.org/10.1002/jtr
Coudounaris, D. N., & Sthapit, E. (2017). Antecedents of memorable tourism experience related to behavioral intentions. Psychology and Marketing, 34(12), 1084–1093. https://doi.org/10.1002/mar.21048
Dianty, R., Abrian, Y., & Surenda, R. (2021). Pengaruh Memorable Tourism Experience Terhadap Revisit Intention di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(2), 163–169. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.27772
Effendi, S., & Tukiran. (2012a). Meode Penelitian Survei. (Edisi Revi). LP3S.
Effendi, S., & Tukiran. (2012b). Metode Penelitian Survei. (Revisi). LP3ES.
Effendi, S., & Tukiran. (2012c). Metode Penelitian Survei.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertas Ilmu Manajemen. (Edisi Keli). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik , Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP UNDIP.
Hair, J. F. J., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM)-Third Edition.
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian; Konsep Dasar dan Aplikasi Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Haryono, S. (2014). Mengenal Metode Structural Equation Modelling (SEM) Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan AMOS 18.00. VII(1), 23–34.
Hidayah, K., & Rizki, D. (2022). Persepsi Masyarakat terhadap Wisatawan di Objek Wisata Gunung Burni Telong. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 3(1), 143. https://doi.org/10.29103/jspm.v3i1.3556
Hikmah, N., Fauziyah, N. K., Septiani, M., & Lasari, D. M. (2022). Healing Sebagai Strategi Coping Stress Melalui Pariwisata. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.36256/ijtl.v3i2.308
Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 3.0. FEB Universitas Brawijaya.
Ihsan, M. (2021). Pengaruh City Image dan Destination Image terhadap Revisit Intention Objek Wisata Pantai Air Manis dengan Memorable Tourism Experience sebagai Variabel Mediasi.
Jannah, B. (2014). Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 17(1), 85028.
Jayanti, D. D. (2019). Dian Dwi Jayanti, 2019 PENGARUH ENVIRONMENTAL QUALITY TERHADAP REVISIT INTENTION (SURVEI TERHADAP WISATAWAN FIRST-TIMER KAMPUNG CAI RANCA UPAS) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu |perpustakaan.upi.edu. 1–24.
Kim, J. H., Ritchie, J. R. B., & McCormick, B. (2012). Development of a scale to measure memorable tourism experiences. Journal of Travel Research, 51(1), 12–25. https://doi.org/10.1177/0047287510385467
Kim, J. H., Wang, Y., & Song, H. (2021). Understanding the causes of negative tourism experiences. Current Issues in Tourism, 24(3), 304–320. https://doi.org/10.1080/13683500.2020.1711711
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.
Laskara, G. W. (2011). Identifikasi Persoalan Pada Koridor Jalan Kawasan Asia-Afrika , Bandung. 1–29.
Malhotra, N. K. (2005). Riset pemasaran (pendekatan terapan). Indeks Kelompok Gramedia.
Mapossa, J. B. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931
Marcillia, S. R. (2022). Keterkaitan Keaslian (Authenticity) Objek Wisata Terhadap Keterikatan Tempat (Place Attachment) Pengunjung. Nature: National Academic Journal of Architecture, 9(2), 246–254. https://doi.org/10.24252/nature.v9i2a7
Mazursky, D., & Geva, A. (1989). Temporal decay in satisfaction – Purchase intention relationship. Psychology & Marketing, 6(3), 211–227. https://doi.org/10.1002/mar.4220060305
Melani, M., & Verinita, V. (2020). Pengujian Memorable Tourism Experience (Mte) Terhadap Behavioral Intention Pada Wisatawan Di Kawasan Wisata Bahari Sumatera Barat. Ekonis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2). https://doi.org/10.30811/ekonis.v22i2.1982
Mujihestia, T. I. (2018). the Role of City Branding on Visitors’ Revisit Intention: a Study in Malang, Indonesia. Kinerja, 22(1), 79–94. https://doi.org/10.24002/kinerja.v22i1.1239
Ning, W. (2017). Rethinking authenticity in tourism experience. The Political Nature of Cultural Heritage and Tourism: Critical Essays, Volume Three, 26(2), 469–490. https://doi.org/10.4324/9781315237749-27
Pratiwi, D. I., Zahra, J. A. A., & Aliyah, I. (2022). Konservasi Kawasan Heritage. Cakra WIsata, 23, 36. https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/70114/39668
Prihawantoro, S., Handayani, T., Kusharsanto, Z. S., & Hardiyati, R. (2023). Kajian Penyusunan Indeks Daya Saing Daerah 2022. October. https://doi.org/10.55981/brin.747
Ramadhan, H. A., Surjono, & Kurniawan, E. B. (2021). Prioritas Pengembangan Koridor Bersejarah Bandung Sebagai Wisata Perkotaan Berdasarkan Persepsi Masyarakat. 10(4), 129–140.
Rasoolimanesh, S. M., Seyfi, S., Hall, C. M., & Hatamifar, P. (2021). Understanding memorable tourism experiences and behavioural intentions of heritage tourists. Journal of Destination Marketing and Management, 21(May), 100621. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2021.100621
Riyanto, D. Y., Andrianto, N., & Riqqoh, A. K. (2020). Pengaruh City Image Dan City Branding Terhadap Visit Intentiom Di Wisata Bahari Provinsi Jawa Timur. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 105. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i2.2130
Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences. (2nd ed.). Holt, Rinehart and Winston.
Ruspandi, A. A. K., & Mahendra, A. S. (2018). Penerapan Healing Architecture dengan Konsep Slow Living dalam Perancangan Ruang Publik Pereda Stres. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(2), 28–32. https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.33492
Sari. Ismi Mutia. (2015). ANALISIS IMPLEMENTASI CITY BRANDING. Economy.
Schmitt. (1999). Experiential Marketing. Journal of Marketing Management, January 2013, 37–41.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. (Edisi 6). Salemba Empat.
Shafira, A. (2018). Alya Shafira, 2018 PENGARUH MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE (MTE) TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI (REVISIT INTENTION) DI SAUNG ANGKLUNG UDJO Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Silaban, P. H., & Silalahi, A. D. K. (2019). Trigger Tourism Industry by Increasing Tourist Satisfaction: Authenticity as a Main Focus in Samosir Island Lake Toba. https://doi.org/:10.13140/RG.2.2.14147.76321
Studi, J., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Pratama, S. A., Aristanto, E., & Waris, A. (2022). City , Branding : Pengaruhnya , Terhadap , Keputusan , Berkunjung wisatawan Ke , Kota Batu Melalui , City , Image , Sebagai Variabel Moderating. 9(1). https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i1.14213
Tegar Sugianto, A., & Syamsuar Manajemen, G. (2020). Kualitas 3. No XX, XX(Xx), 1–19.
Theodora, P., & Felicia, F. (2020). Pengaruh Perceived Authenticity Terhadap Place Attachment Dan Revisit Intention Wisatawan Di House Of Sampoerna. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 8(2), 1–17.
Theodoridis, T., & Kraemer, J. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Utama, Z. A. (2019). PERAN DIMENSI MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE (MTE) DALAM UPAYA MENINGKAYKAN INTENSI BERKUNJUNG KEMBALI KE DESA WISATA SUMBER MARON.
Waitt, G. (2000). Consuming heritage: Perceived historical authenticity. Annals of Tourism Research, 27(4), 835–862. https://doi.org/10.1016/S0160-7383(99)00115-2
Wulanjani, H., & Derriawan, D. (2017). Dampak Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.42
Zhang, H., Wu, Y., & Buhalis, D. (2018). A model of perceived image, memorable tourism experiences and revisit intention. Journal of Destination Marketing and Management, 8(June), 326–336. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2017.06.004
Zhou, G., Chen, W., & Wu, Y. (2022). Research on the Effect of Authenticity on Revisit Intention in Heritage Tourism. Frontiers in Psychology, 13(May), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.883380

.

Downloads

Published

2024-06-30