Resident Perceptions Dan Altruistic Behavior Sebagai Anteseden Affective Commitment Warga Kota Cimahi

  • Rieke Nurul Garini Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yadi Ernawadi Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Economic perception, cultural perception, environmental perception, affective commitment, altruistic behavior

Abstract

Posisi indeks kebahagiaan di Jawa Barat berada pada peringkat ke-30 dari 34 provinsi mengindikasikan lebih rendahnya altruistic behavior warga Kota Cimahi dibandingkan warga kota di provinsi lainnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh resident perceptions terhadap altruistic behavior melalui affective commitment warga Kota Cimahi. Metode survei dengan teknik convenience sampling digunakan untuk menentukan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan alat bantu SmartPLS versi 3.0. Dari sepuluh hipotesis yang diusulkan, sembilan diantaranya didukung oleh data empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi dari resident perception berpengaruh positif terhadap altruistic behavior melalui affective commitment. Hal yang membedakan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah penambahan economic perception, cultural perception, dan environmental perception sebagai variabel eksogen dalam hubungannya dengan affective commitment dan altruistic behavior.

 

 

References

’Helliwell, J. . ’F. . L. R. . ’Sachs, J. D. . ’Aknin, L. B. . ’De N. J.-E. . ’Wang, S. . (2023). World Happiness Report 2023 (11th ed.). Sustainable Development Solutions Network., 2018, 95–112.
Abdillah, M. (2021). Kepemimpinan Altruistik: Sebuah Tinjauan Pustaka dan Agenda untuk Penelitian Selanjutnya. JMBT (Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan), 3, 77–78.
Adongo, R., Choe, J. Y., & Han, H. (2017). Tourism in Hoi An, Vietnam: impacts, perceived benefits, community attachment and support for tourism development. International Journal of Tourism Sciences, 17(2), 86–106. https://doi.org/10.1080/15980634.2017.1294344
Barasch, A., Levine, E. E., Berman, J. Z., & Small, D. A. (2014). Selfish or selfless? On the signal value of emotion in altruistic behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 107(3), 393–413. https://doi.org/10.1037/a0037207
BRAUN, E. (2008). City Marketing: Towards an Integrated Approach. Rotterdam : Erasmus University Rotterdam. Business Administration and Business Economics. https://repub.eur.nl/pub/13694
Daniasari, A., & Setiamanah, M. D. (2020). Pemanfaatan Pelayanan Sosial Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Oleh Anak Korban Tindak Kekerasan Di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Rehabilitasi Sosial (Rehsos), 2(1), 18–38. https://doi.org/10.31595/rehsos.v2i1.254
Ditjen Bina Adwil. (2022). Kemendagri Mutakhirkan Kode, Data Wilayah Administrasi Pemerintahan Dan Pulau Di Seluruh Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/berita/detail/kemendagri-mutakhirkan--kode-data-wilayah-administrasi-pemerintahan--dan-pulau-di-seluruh-indonesia#:~:text=Berdasarkan Kepmendagri 050-145%2F2022,74.961 desa%3B dan 16.772 pulau
Dwitya Sobat Ady Dharma. (2020). Budaya Organisasi, Perilaku Prososial, Kinerja Guru dan Staf di Sekolah Inklusi. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(2), 74–81. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2389
Firmansyah, A., & Burhanudin, B. (2023). Hedonic Value Dan Eudaimonic Value Pada Quality Of Life Dan Purchase Behavior Produk Starbucks. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(1), 151–165. https://doi.org/10.29407/nusamba.v8i1.18102
Fithroh, F. L. (2021). Perilaku prososial prosocial hehavior masyarakat samin dalam ajaran saminisme di Dukuh Jepang Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten …. http://etheses.uin-malang.ac.id/34164/%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/34164/1/15410134%281%29.pdf
Gursoy, D., & Rutherford, D. G. (2004). Host attitudes toward tourism: An improved structural model. Annals of Tourism Research, 31(3), 495–516. https://doi.org/10.1016/j.annals.2003.08.008
Hospers, G. (2010). Making sense of place: From cold to warm city marketing. Journal of Place Management and Development, 3(3), 182–193. https://doi.org/10.1108/17538331011083925
Lee, S., Jeong, E., & Qu, K. (2020). Exploring Theme Park Visitors’ Experience on Satisfaction and Revisit Intention: A Utilization of Experience Economy Model. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 21(4), 474–497. https://doi.org/10.1080/1528008X.2019.1691702


Lee, Y. H., Woo, B., & Kim, Y. (2018). Transformational leadership and organizational citizenship behavior: Mediating role of affective commitment. International Journal of Sports Science and Coaching, 13(3), 373–382. https://doi.org/10.1177/1747954117725286
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 214–217.
SS. Kurniawan. (2021). Indeks Kebahagiaan 2021, Ini 10 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/indeks-kebahagiaan-2021-ini-10-provinsi-paling-bahagia-di-indonesia
Tang, R., Kang, S. E., Lee, W. S., & Park, S. (2021). Influence of residents’ perceptions of tourism development on their affective commitment, altruistic behavior, and civic virtue for community. International Journal of Tourism Research, 23(5), 781–791. https://doi.org/10.1002/jtr.2441
Wang, Y., Yang, C., Zhang, Y., & Hu, X. (2021). Socioeconomic status and prosocial behavior: The mediating roles of community identity and perceived control. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(19). https://doi.org/10.3390/ijerph181910308
Published
2024-06-17
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 6 times