PENGARUH PRODUCT INNOVATION, PRODUCT QUALITY DAN PROMOTION TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE PADA CIMORY YOGURT SQUEEZE DI SURABAYA

Authors

  • Cintania Aubin Shafanada Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.8735

Keywords:

Product Innovation, Product Quality, Promotion, Competitive Advantages

Abstract

Kemunculan produk minuman susu dengan berbagai merek beredar di masyarakat saat ini mengakibatkan terciptanya persaingan yang kompetitif antara perusahaan. Dalam menghadapi persaingan, perusahaan harus terus meningkatkan daya saing agar tetap mengikuti arus persaingan usaha sehingga perusahaan dituntut untuk dapat memilih strategi pemasaran yang tepat.   Penelirian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product innovation, product quality dan promotion terhadap competitive advantage pada cimory yogurt squeeze di Surabaya. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen cimory yogurt squeeze.  Teknis analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) pada  program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 29. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa  Secara simultan variabel Product Innovation, Product Quality dan Promotion berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantage, Secara parsial Product Innovation berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantage, Secara parsial Product Quality berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantage, Secara parsial Promotion berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantag

 

Kata Kunci:  Inovasi Produk, Kualitas Produk, Promosi, Keunggulan Kompetitif.

 

References

Abidin, Rs (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Cimory Yogurt Drink: Kasus Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Lingkungan Bisnis (Jmbe) , 4 (2), 150-161.
Ani, L. N. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok” Liar”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 184-194.
Binarwati, A., & Yamit, Z. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Kompetitif Pada Hokben Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(05), 810-821.
Cimory.com (2022). Diakses pada 14 Januari 2023, dari https://cimory.com
Fahmi, A. (2021). Cimory Luncurkan Cimory Yoghurt Squeeze Kemasan Baru. Diakses pada 18 Agustus 2023, dari https://malang.times.co.id/news/news-commerce/wu4t869ecy/cimory-luncurkan-cimory-yoghurt-squeeze-kemasan-baru
Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Maybelline Di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 131-142.
Haloho, E., Purba, M. L., & Idahwati, I. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Lim’s Cafe Kisaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(1), 1-14.
Hermawan, A., Widowati, I., Mauludin, A., & Jamaludin, W. (2022). Strategi Promosi Peweka Clothing Di Cv. Dwiputra Ihwa. Jurnal Teknologika, 12(1), 102-110.
Kemenperin.go.id. (2022). Diakses pada 25 September 2022, dari https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022
Lola, A. (2022). Peningkatan Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Untuk Mencapai Keberlangsungan Usaha (Studi Kasus: Nasi Bebek Mba Dewi) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Maulana, M. I. N. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(6), 512-521.
Mendrofa, M. S. D. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Di Cv. Jaya Sakti. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Pembnas (Jam Pembnas), 8(1), 17-24.
Nugraha, A. (2022). Sosialisasi Pentingnya Inovasi Produk Pada Filter Coffee Dan Pelatihan Inovasi Produk. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 4(1), 35-50.
Oktapriani, R., Muniroh, L., & Eldine, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Online Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi kasus pada UMKM Tas Desa Bojong Rangkas, Kabupaten Bogor). Prosiding Lppm Uika Bogor.
Palupi, R. (2019). Pergeseran Pangsa Pasar Produk Yoghurt Dalam Kemasan Di Kota Malang (Studi Kasus Di Hypermat Klojen, Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Porter, Michael. 1998. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta.
Riadi, M. (2022). Keunggulan Bersaing (Competitive adventage). Diakses pada 03 September 2023, dari https://www.kajianpustaka.com/2022/12/ keunggulan-bersaing-competitive-advantage.html
Siahaan, S. D. N., & Putriku, A. E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Of Business And Economics Research (Jbe), 2(2), 31-35.
Sutrisno, R. I., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 2(1), 1-12.
Top Brand Index. (2022). Diakses pada 07 Oktober 2022, dari https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=cimory
Triputratanto, B., & Wirakanda, G. G. (2019). Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Competitive Advantage Dalam Menjawab Tantangan Bisnis Retail (Sample Kasus Di Kec. Margahayu Kab. Bandung). Isei Business And Management Review, 3(1), 1-6.

Downloads

Published

2024-09-12