ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA DI BRASTAGI SUPERMARKET
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.8862Keywords:
Service Quality, Product Quality, Consumer SatisfactionAbstract
Brastagi Supermarket is located in the heart of Medan and many consumers come to shop at this supermarket. The purpose of this study was to determine and examine the effect of service quality and product quality on customer satisfaction when shopping at Brastagi Supermarket. This research uses a quantitative approach. The type of research used is quantitative, the sampling technique for Brastagi Supermarket and Slovin amounted to 225 consumers and the sample of this study amounted to 144. The model used is multiple linear regression. The result is that service quality affects customer satisfaction at Brastagi Supermarket, product quality affects customer satisfaction at Brastagi Supermarket. Service quality and product quality affect customer satisfaction at Brastagi Supermarket.
References
Diza, Moniharapon dan Ogi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal EMBA. Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 109-119. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Gery. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen The Aliga Hotel Padang. Menara Ilmu. Vol. XII. No.9, Oktober 2018. Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismail dan Yusuf. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung.
Khansa. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rockstar GYM (Studi Kasus Cabang Lippo Mall Puri-Jakarta Barat). Jurnal STEI Ekonomi, Vol XX, No XX, BULAN 2020. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta.
Markus. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus Pada Spbu Muara Siban Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat). MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 5 Nomor 2 202. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Serelo Lahat.
Santoso. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 16 No. 01, April 2019. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, Hingga e-Marketing. Ketiga. Yogyakarta: CV Andi Offet.
Widodo. 2017. Meodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta : Rajawali Pers.
Wulandari. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi. Jurnal Ekonomak Vol. V No. 3 Desember 2019. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi.