Perumusan Strategi Pemasaran Bisnis Produk Menggunakan Matriks SWOT Dan QSPM (Studi Kasus : Produk MLZ Di Outlet LA)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.8879Keywords:
Matriks EFE, Matriks IFE, Pemasaran, SWOT, QSPMAbstract
Produk MLZ, sebuah merek yang menghadirkan berbagai varian kurma, kismis, dan kacang khas Arab, telah mengukir sejarah hampir 11 tahun dan saat ini hanya tersedia di Retail LA. Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan di industri yang menawarkan produk serupa semakin meningkat, mendorong Produk MLZ untuk terus meningkatkan strategi pemasaran guna mempertahankan dan meningkatkan posisinya. Produk MLZ belum menemukan strategi pemasaran yang sesuai dengan dinamika perusahaan dan perubahan pasar yang terjadi. Dengan menggunakan matriks SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) menghasilkan bahwa posisi Produk MLZ berada di kuadran 1 dengan pendekatan strategi yang agresif. Strategi yang dipilih adalah meningkatkan nilai tambah MLZ, terutama dengan fokus pada peningkatan penjualan di lima lokasi outlet LA yang dianggap strategis. Kesimpulan dari analisis strategi menunjukkan bahwa pendekatan agresif ini diharapkan dapat memperkuat posisi Produk MLZ dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin intens.
References
[2] Basir, A. (2023). Kemenag Kawal Pemulangan Jemaah Umroh yang Terpisah Rombongan. Tersedia di: https://haji.kemenag.go.id/v4/kemenag-kawal-pemulangan-jemaah-umrah-yang-terpisah-rombongan [Diakses pada tanggal 3 April 2023].
[3] Monavia, A. R. (2022). Indonesia Masuk Daftar Negara Pengimpor Kurma Terbesar. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/05/indonesia-masuk-daftar-negara-pengimpor-kurma-terbesar [Diakses pada tanggal 5 Mei 2022].
[4] W. Widiyarini and Z. F. Hunusalela, “Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi,” JABE. Journal Appl. Bus. Econ., vol. 5, no. 4, p. 384, 2019.
[5] David, F. R. (2015). Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson Education.
[6] H. Setyorini and I. Santoso, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM ( Studi Kasus : Restoran WS Soekarno Hatta Malang ) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM ( Case Study : WS Restaurant Soekarno Hatta Malang ),” vol. 5, no. 1, pp. 46–53, 2016.
[7] C. Shri, M. Gupta, and A. Agrawal, “Strategy Formulation for Performance Improvement of Indian Corrugated Industry: An Application of SWOT Analysis and QSPM Matrix,” J. Appl. Packag. Res., pp. 60–75, 2015.

