Pengaruh Harga, Celebrity Endorsement, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Natasha Skincare Di Kota Cimahi
Abstract
Industri produk kecantikan di Indonesia khususnya produk skincare sangat berkembang pesat. Hal ini dapat menjadi peluang untuk perusahaan guna memajukan bisnis dan bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh harga, celebrity endorsement, dan electronic word of mouth terhadap minat beli produk Natasha skincare di kota Cimahi. Penelitian ini melibatkan 120 responden orang Cimahi yang mengetahui Natasha Skincare dan menggunakan sosial media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan teknik cross-sectional atau one shot study. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif uji asumsi klasik, regresi berganda, dan uji hipotesis dengan
menggunakan alat bantu yaitu SPSS (software statistik program of social science) versi 27. Pada penelitian ini sudah menggunakan Instrumen penelitian yang telah dinyatakan lulus uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil olah data dapat diketahui bahwa pengaruh harga, celebrity endorsement, dan electronic word of mouth memiliki pengaruh positif terhadap minat beli produk Natasha skincare di kota Cimahi.
Kata Kunci : harga, celebrity endorsment, electronic word of mouth, minat beli.
References
Rizal, A. Pengaruh E-Wom, Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Pada Mahasiswa (Bachelor's Thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Jakarta).
Suryadi, C. E. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ips Uin Syarif Hidayatullah Jakarta) (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah).
Ekawati, D. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Gaya Hidup Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Konsumen Kosmetik Pixy Di Purwokerto) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Putri, I. S. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Iphone Pada Masyarakat Kota Medan.
Ramadina, S. Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Gaya Hidup Generasi Z (Zilenial) Terhadap Minat Beli Produk Minuman Kemasan Berekolabel Di Kecamatan Pamulang (Bachelor's Thesis, Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).
Macharim, Z. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Soto Seger Boyolali Hj. Fatimah) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Purnomo, E. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama) (Doctoral Dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).
Nurjanah, D. (2023). Pengaruh Harga Dan Lokasi Mie Gacoan Terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Kabupaten Bogor) (Doctoral Dissertation, Unusia).
Trinanda, M. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Brand Awareness Dan Minat Beli Pada Aplikasi Shopee Di Kota Tasikmalaya. Nusantara Journal Of Multidisciplinary Science, 1(4), 888-893.
Indriana, Astri, Muhammad Sholahuddin, Dan Rini Kuswati. 2022. “Journal Of Business And Management Studies The Impact Of E-Wom And Celebrity Endorser On Purchase Intention Mediated By Brand Image: A Study On Halal Cosmetic Products.” Doi: 10.32996/Jbms.
Laksmi, Aditya Ayu, Dan Farah Oktafani. 2016. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Followers Instagram Pada Warunk Upnormal.” Jurnal Computech & Bisnis 10(2):78–88.
Mutia, Anggi, Leni Muniroh, Dan Muhammad Zakie Hanifan. 2023. “Pengaruh Celebrity Endorse Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare The Body Shop Mall Botani Square Bogor.” Tahun Xxxx Indonesian Journal Of Innovation Multidisipliner Research 1:295– 304.
Nanda, Retry, Dan Tiara Dewi. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” 7(4):409–23.
Rusdi, Farid. T.T. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Erigo Apparel).
Sekar, Savrila, Alifia Wibowo, Dan Salim Siregar. 2023. Yume : Journal Of Management Pengaruh Kualitas Produk Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Pada Produk Skincare Somethinc. Vol. 6.
Setyaky, Rizky Rama, Wahid Hasyim, Dan Ratih Pratiwi. T.T. “Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Pengaruh Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Dengan Persepsi Nilai Sebagai Moderasi (Studi Pada Merek Oppo Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang).” Doi: 10.25273/Capital.V4i1.
Wardhana, H. W., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Yuliani, Y. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Pada E-Commerce Zalora dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 431-446.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip manajemen.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management 14th edition. Pearson education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, No. 2). Jilid.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. London: Pearson.
Copyright (c) 2024 Gres Marselina Tarigan, Eka Yulianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.