Pengaruh Sales Promotion Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Tokopedia

  • Nur Cahya Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Desmiza Desmiza Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Research aimed at analyzing the influence of sales promotion and brand ambassador on purchase intention tokopedia e-commerce. This research uses a survey method with a quantitative approach. The respondents involved were e-commerce users of tokopedia in Cimahi City, which comprised 120 people, selected using purposive sampling. Data type is primary data obtained through the dissemination of questionnaires via online link google form, with cross-sectional data collection techniques. SPSS version 26 is used as a test tool. The findings from this study show that sales promotion has a positive impact on purchase intention, as well as brand ambassadors have a positive effect on purchase intention. Then, sales promotion and brand ambassadors jointly influence purchase intention. This should be a serious concern for tokopedia to improve sales promotion and brand ambassador indicators, as both are believed to increase customer buying interests.

Keywords : Sales Promotion, Brand Ambassador, Purchase Intention, Tokopedia

 

ABSTRAK

Penelitian dengan tujuan menganalisis pengaruh sales promotion dan brand ambassador terhadap minat beli pada e-commerce tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang terlibat yaitu pengguna e-commerce tokopedia di Kota Cimahi, yang berjumlah 120 orang, dipilih menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data yaitu data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner melalui tautan google form secara online, dengan teknik pengumpulan data cross-sectional. SPSS versi 26 digunakan sebagai alat untuk melakukan pengujian. Temuan dari penelitian ini menunjukkan sales promotion berpengaruh positif terhadap minat beli, begitu juga brand ambassador berpengaruh positif terhadap minat beli. Kemudian, sales promotion dan brand ambassador secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli. Hal tersebut seharusnya menjadi perhatian serius bagi pihak tokopedia untuk meningkatkan indikator sales promotion dan brand ambassador, karena keduanya diyakini dapat meningkatkan minat beli pelanggan.

Kata Kunci : Promosi Penjualan, Duta Merek, Minat Beli, Tokopedia

References

Alvian, M. S., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Sales Promotion Dan Keragaman Produk Pada Shopee Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27296
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Retrieved November 24, 2023, from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia website: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Carissa, T., & Aruman, A. E. (2019). Pengaruh Sales Promotion Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Membeli Dalam Mobile Legends. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 45–55.
Fasha, A., Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep) (1st ed.). CV Penerbit Qiara Media.
Gandur, G., & Prasetya, W. (2022). Pengaruh Sales Promotion, Korean Celebrity Endorsement, Dan Kampanye #Jagaekonomiindonesia Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Tokopedia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7.
Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.Co.Id. 3(1), 620. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3097
Hardiyanah, T., Hidayati, R., Nasution, A. H., Muslikh, & Marhamah, S. (2023). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada CV Laditri Karya. Journal of Accounting, Management and Economics Research, 1(2), 75–92. https://doi.org/https://doi.org/10.33476/jamer.v1i2.29
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Irawan D, H. (2023). Bagaimana Penilaian Bagi Merek Dalam Survei Top Brand? Retrieved November 25, 2023, from Top Brand Award website: https://www.topbrand-award.com/article/detail/bagaimana-penilaian-bagi-merek-dalam-survei-top-brand
Khalida L R, Fauji R, & Maulidina M. (2022) Pengaruh Brand Ambassador Dan Sales Promotion Terhadap Miant Beli Di Marketplace Shopee. Journal Universitas Buana Perjuangan Karawang.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). London: Pearson Education.
Kusuma Wardani, A. A., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Co-Branding Samsung X Bts). Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 551. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4645
Maulana, A., & Mulyana, M. (2020). Analisis Pengaruh Public Relation dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Pada Produk Starbucks di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 47–64. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.327
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial (Cetakan 1). Bandung: CV Pustaka Setia.
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526
Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/gamajpp.45347
Qorib, F., & Bhara, A. M. (2019). Pengaruh Iklan Brand Ambassador Blackpink Shopee Terhadap Minat Belanja Daring Mahasiswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(4), 288–296. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/jisip.v8i4.1962
Samosir, L. S., Putri, Y. R., & Nurfebiaraning, S. (2016). Effects of the Use of Dewi Sandra As Wardah Brand Ambassador on the Decision To Purchase Wardah Cosmetics in Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 234–240.
Thehawijaya, J. A., & Susilo, D. (2023). Sales Promotion Message Appeal and Brand Ambassador Effects Toward Tokopedia’S Purchase Intention. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(2), 475–484. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.559
Utomo, T., & Nirawati, L. (2021). Pengaruh Penentuan Harga, Sales Promotion, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Hypermart Di Gresik. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 12(2), 54–63. https://doi.org/10.47927/jikb.v12i2.126
Published
2024-02-08
Abstract viewed = 25 times
pdf downloaded = 25 times