Pengaruh Green Product Knowledge Dan Enviromental Concrens Pada Pengguna Green Product Skincare

Authors

  • Kharisma Mentari Todanusa Putri Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.8970

Keywords:

Green Product Knowledge, Enviromental Concrens, Green Product Skincare

Abstract

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel GP (Green Product), GPK (Green Product Knowledge), EC (Environmental Concern), dan GCB (Green Customer Behavior) secara individual memberikan dampak positif yang signifikan terhadap GPI (Green Product Intention). Implikasinya, peningkatan dalam aspek-aspek tersebut secara positif berkontribusi terhadap kinerja organisasi, yang diukur melalui niat untuk menggunakan produk hijau (GPI). Dalam konteks konsumen kosmetik di Indonesia, temuan ini memberikan arahan bagi perusahaan kosmetik. Pertama, perusahaan perlu terus menyediakan pengetahuan tentang produk hijau untuk memastikan pemahaman nilai produk dan memotivasi konsumen untuk terus membeli, memberikan keuntungan perusahaan, dan sekaligus mendukung pelestarian lingkungan. Kedua, sosialisasi produk ramah lingkungan perlu diperkuat agar masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan, meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk dengan niat hijau. Terakhir, perusahaan harus menjadikan Green Product Intention sebagai standar untuk meningkatkan kriteria dan mutu produk ramah lingkungan skincare dan kosmetik, sehingga dapat merangsang Green Consumption Behavior konsumen dan mendukung pelestarian lingkungan secara keseluruhan. Dengan memahami peran GPI, para pelaku industri kosmetik di Indonesia dapat merancang strategi yang lebih efektif dalam mendukung produk ramah lingkungan dan mendorong perilaku konsumen yang berkelanjutan.

 

References

Beldona, S., & Wafa, S. A. (2019). Consumer environmental concern and green product usage: The mediating role of green product knowledge. Journal of Business Research, 94, 186–196.
Biswas, A., Roy, M., Biswas, S., & Das, G. (2019). An examination of the antecedents and consequences of consumers’ green product purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 51, 271–278.
Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2012). The determinants of green product development performance: Green dynamic capabilities, green transformational leadership, and green creativity. Journal of Business Ethics, 104(4), 587–602.
D’Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., & Peretiatko, R. (2006). Green products and corporate strategy: An empirical investigation. Society and Business Review, 1(2), 144–157.
Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis, Multivariate Data Analysis. In Multivariate Data Analysis.
Li, X., & Liu, Y. (2019). Understanding consumer expectations for eco-labeled skincare products. . . Journal of Cleaner Production, 229, 680–689.
Liu, Y., & Chen, Z. (2018). Influences of knowledge on consumer perception and acceptance of eco-labeled skincare products. Journal of Cleaner Production, 176, 1203–1211.
Menon, A., & Menon, A. (2012). Attitude toward eco-friendly products: Antecedents and implications. Journal of Marketing Research, 49(6), 884–901.
Mustafa, M. M. (2007). Gender differences in Egyptian consumers’ green purchase behaviour: The effects of environmental knowledge, concern and attitude. International Journal of Consumer Studies, 31(3), 220–229.
Zhang, Y., Sun, H., & Nair, S. (2014). Factors influencing Chinese consumers’ attitudes towards green skincare products. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(5), 713–719.

Downloads

Published

2024-06-27