Analisis Peran Pusat Halal Center Dalam Mendorong Sertifikasi Halal Umkm Untuk Meningkatkan Halal Lifestyle Di Kota Medan

  • Feby Sahira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Yafiz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Jannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Terbitnya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 20 Tahun 2021 pada tanggal 14 September 2021 tentang sertifikasi halal bagi Pelaku UMK mewajibkan bagi semua Pelaku Usaha untuk mengolah produk usahanya sesuai dengan syariat Islam dan memiliki bukti sertifikat halal. Ditambah dengan disahkannya Undang-Undang terkait Jaminan Produk Halal menjadi tren industri halal. Dengan diterbitkannya regulasi tersebut, banyak perguruan tinggi yang mendirikan halal center untuk mengakomodir kepentingan masyarakat dengan meningkatnya halal lifestyle yang sedang tren di Indonesia yang terdiri dari sektor makanan halal, fashion, media/rekreasi, farmasi, kosmetik, dan pariwisata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berperan Halal Center dalam mendorong sertifikasi halal UMKM untuk meningkatkan halal lifestyle di kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai Teknik deskriptif dalam mengumpulkan data. Adapun dalam penelitian ini peneliti menemukan 4 bentuk peran yang telah dilakukan oleh pusat halal center di Kota Medan dalam mendorong sertifikasi halal UMKM untuk meningkatkan halal lifestyle di Kota Medan diantaranya : 1) Edukasi terkait sertifikasi halal, 2) Pelatihan dan sosialisasi kesadaran sertifikasi halal, 3) Pelayanan pendaftaran sertifikasi halal, 4) pengembangan sumber daya manusia terhadap penggunaan produk halal.

References

Anam, C., & Purnama, S. N. (2021). RASIONALITAS KONSUMSI DI MASA PANDEMI PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 5(1), 30–56.
Chairunnisyah, K., AK, M. F., & Wathan, H. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi …, 1(1).
Dani Umbara, B., & Faqih Supandi, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jember dalam Menghadapi Persaingan Pasar Nasional (Studi pada Peluang dan Tantangan). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (JEBI), 2(2), 86–103. https://doi.org/10.56013/jebi.v2i2.1584
Fuadi, Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2022). Studi Literatur Implementasi Sertifikasi Halal Produk UMKM. Jurnal EMT KITA, 6(1), 118–125. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.541
Gunawan, S., Juwari, J., Aparamarta, H., Darmawan, R., & Rakhmawati, N. A. (2021). Pendampingan Berkelanjutan Sistem Jaminan Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sewagati, 5(1), 8. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i1.8120
Harahap, N. A., & Tambunan, K. (2022). UMKM DAN PEMBANGUNAN. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 228–235.
Imsar, Nasution, J., & Ndraha, A. A. (2023). Analisis Pengaruh Pembiayaan Paket Masa Depan Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dan Peningkatan Pendapatan Nasabah Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ats-Tsarwah: Jurnal Hukum Ekonomi Islam, 3(1), 20–30.
Makhtum, A., & Farabi, M. E. (2021). Pemetaan Potensi Sertifikasi Halal Pada Sektor Produk Makanan dan Minuman Unggulan di Kabupaten Bangkalan. June, 214–225.
Mardhotillah, R. R., Budi, E., Putri, P., Karya, D. F., Putra, R. S., Khusnah, H., Iskandar, M. R., Mariati, P., Nahdlatul, U., Surabaya, U., & Korespondensi, P. (2022). Pelatihan Sertifikasi Halal dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan Sebagai Bagian dari Scale-Up Business Bagi UMKM. 4(2), 238–246.
Mursidah, I., & Fartini, A. (2023). Strategi Mengembangkan Gaya Hidup Halal di Banten: Pengembangan Industri Produk Halal dan Kesadaran Bersyariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 893–904.
Rahayuningsih, E., & Ghozali, M. L. (2021). Halal Product Certification in Maslahah Mursalah Perspective. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 135–145.
Rere, P., Sri, R., & Nurul, J. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Online Pada Media Sosial dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian. 1(8), 987–997.
Shofiyah, R., & Qadariyah, L. (2022). Pemaknaan Sertifikasi Halal bagi Pelaku UMKM Sektor Pangan yang Telah Bersertifikat Halal di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Binsin, 5(November), 246–259.
Siregar, N. K., Yafiz, M., & Syahrizal, R. (2023). Potensi Dan Peran Zakat Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Usaha Mikro Kecil Menengah ( Studi Kasus terhadap Balai Bina Mandiri Medan Denai ). 2(1), 54–73.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
syafitri, Ayuni, Tambunan, K. (2022). Analisis Pembiayaan Kur Mikro dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah di BSI KCP Pulo Brayan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 26 times
pdf downloaded = 27 times