Kepatuhan Pajak Di Era Digital : Studi Komparasi UMKM Berbasis Konvensional Dan Digital
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.9117Keywords:
Sosialisasi Pajak, Kesadaran Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Pajak UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh sosialisi pajak, kesadaran pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan pelaku UMKM berbasis konvensional dan UMKM berbasis digital. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha bidang dagang dan jasa berbasis konvensional maupun digital di Kota Semarang. Pemilihan sampel dengan purposive sampling, diperoleh sebanyak 132. Metode analisis yang digunakan Smart Partial Least Square (PLS) 4.0. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa sosialisasi pajak, kesadaran pajak, dan sanksi pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan pajak pelaku UMKM berbasis konvensional maupun UMKM berbasis digital. Hasil penelitian ini mampu menjelaskan bahwa kepatuhan pajak terus meningkat karena adanya pemahaman pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap tanggung jawab pelaku UMKM untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, Direktorat Dirjen Pajak harus meningkatkan sosialisi pajak pada pelaku usaha konvensional maupun digital.
Kata Kunci: Sosialisasi Pajak, Kesadaran Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Pajak UMKM
References
Chanita, O. A., & Sitinjak, N. D. (2021). Peranan Pengetahuan Pajak dan Kesadaran Pajak bagi Kepatuhan Pajak Pelaku Usaha E-Commerce. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 233–238. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i2.6203
Gita Cahyani, L. P., & Noviar, N. (2019). Pengaruh Tarif Pajak, Pemahaman Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak UMKM. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(4), 1885–1911. https://doi.org/10.1111/j.1744-540X.2008.00542.x
Indriyani, P. D., & Jayanto, P. Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan WPOP Pelaku E-Commerce di Kota Semarang pada Platform Online Marketplace Blibli.com. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 113–122. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7703
Jihan, M., & Purwaningrum, S. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Lingkungan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna E-Commerce. Jurnal Akuntansi, 1–26.
kemenkeu. (n.d.). https://bppk.kemenkeu.go.id/pusdiklat-keuangan-umum/berita/e-commerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-237095
Marlinah dalam Zakia, F. A., & Sugiarti Siddiq, F. R. (2022). Analysis Of Understanding Level Of Tax Regulation, Taxpayer Awareness, Tax Socialization And Tax Provisions Of E-Commerce UMKM Towards Taxpayer Compliance (Case Study On UMKM E-Commerce Business Owners In Kudus City). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 7(2), 208–218. http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/probank
Maxuel, A., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm E-Commerce. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 21. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.369
Septianingrum, S., Diana, N., & Afifudin. (2022). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku E-Commerce (Studi Kasus Pada Pengusaha Online Shopping di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 11(9), 46–56. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/15798/11980
Suhono, Rizal, A., Batu, R. L., & Madjid, S. (2023). Analisis Kesadaran Wajib Pajak dalam Kepatuhan Pembayaran Pajak UMKM Jawa Barat Pada Pengguna Platfrom E-Commerce. 9(June), 564–583.
Widyanti, Y., Erlansyah, D., Butar Butar, S. D. R., & Maulidya, Y. N. (2022). Pengaruh Tingkat Pemahaman, Sanksi, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Mbia, 20(3), 285–294. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i3.1614

