STRATEGI PENINGKATAN PENYALURAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DI PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk CABANG MANDIRI MITRA USAHA (MMU) SEMARANG CANDIBARU

  • Sofiiyah Sofiiyah Universitas Semarang
  • Kesi Widjajanti Universitas Semarang
  • Indarti Indarti Universitas Semarang
Keywords: Strategy, People's Business Credit

Abstract

Dalam rangka memperkuat kemampuan permodalan usaha untuk pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM, pemerintah secara resmi meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tanggal 5 November 2007. Program KUR bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif bagi UMKM yang berpotensi namun terkendala dalam penyediaan agunan yang cukup, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prosedur penyaluran KUR di PT. Bank mandiri MMU Semarang Candibaru, mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penyaluran KUR dan merumuskan strategi dalam penyaluran KUR pada PT. Bank Mandiri MMU Semarang Candibaru.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data dilakukan beberapa tahap yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penyaluran KUR sudah sesuai prosedur akan tetapi terdapat faktor penghambat dalam penyaluran KUR yang berasal dari kebijakan bank mandiri dan faktor internal unit. Strategi yang di gunakan MMU Semarang Candibaru dalam meningkatkan penyaluran KUR melalui strategi akuisisi debitur baru dan existing, strategi SDM dan strategi debitur dalam perhatian khusus (DPK) dan debitur daftar hitam (NPL)

 

Kata Kunci : Strategi, Kredit Usaha Rakyat

References

Ajeng Ayu Fitri Ariatmaja, Adie Wahyudi Oktavia Gama. 2023. Edukasi Pengajuan Kredit Usaha Rakyat Mikro Dan Kecil Kepada Milenial di Bank BRI Kantor Cabang Denpasar Renon. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.6, No.1
Ali Musri Syam. (2022, 21 juni). Strategi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Dunia Bisnis. Diakses pada 23 Sep 2022 dari https://www.kompasiana.com/cicahartati6849/62b15775bb448667313497f3/strategi-sumber-daya-manusia-sdm-dalam-dunia-bisnis
Arif Mudassir, DJuliati Saleh, Nasrulhaq. 2020. Efektivitas Penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Tanah Lemo Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. Journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index. Vol 1, No 2
Arlina Laras. (2023, 13 Oktober). Intip Strategi Bank Mandiri (BMRI) Pacu Penyaluran Kredit di Segmen Mikro. Diakses pada 20 November 2023 dari https://finansial.bisnis.com/read/20231013/90/1703746/intip-strategi-bank-mandiri-bmri-pacu-penyaluran-kredit-di-segmen-mikro.
Devi Vela Maslikhah, Idah Zuhroh, Syamsul Hadi. 2021. Pengaruh Kredit Usaha Rakyat Terhadap Perkembagan Usaha Mikro (Studi pada BRI Blitar). Journal of Financial Economics & Investment, Vol. 1, No. 1
Estensoro, M., Larrea, M., Muller, J. M., & Sisti, E. (2021). A Resource-based view on SMEs regarding the transition to more sophisticated stage of industry 4.0. European Management Journal,xxxx.https://doi.org/10.1080/ 26257X.2019.1637921
Khusnul Khotimah, Pandangan Berbasis Sumber Daya (RBV) dalam Pembahasan Organisasi Ekonomi. Jurnal Managemen & Akuntansi
Maryani, L., Chaniago, D. H. 2019. Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 5(1), 48.
Raditya Azka Permana, Anik Yuliati. 2022. Analisis Prosedur Pemberian Kredit Usaha Rakyat (Studi pada Bank Jatim Kota Bangil). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha, Vol : 13 No : 03
Rima Elya Dasuki. 2021. Manajemen Strategi : Kajian Teori Resource Based View. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol XII No 3
Sukrin, Ilham. 2021. Pengaruh Sumberdaya Berwujud Terhadap Kinerja Pemasaran Yang Dimedasi Oleh Keunggulan Bersaing (Studi pada BTN). Jurnal Ilmiah Manajemen ISSN, Volume 16, No.1
Wibowo, Dimas Hendika., Arifin, Zainul., Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 29 No.1.
Published
2024-11-17
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times