Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Serdang Wetan Kecamatan Legok Tangerang

  • Cahyani Kurniastuti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ismayudin Yuliyzar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Misbahul Iqbal Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Putra Pratama Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di desa serdang wetan kecamatan legok kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat Kantor Desa Serdang Wetan. Diketahui bahwa nilai koefisien korelasi 0,545, koefisien determinasi sebesar 0,122 thitung (2,484) > ttabel (1,987) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,122, artinya kualitas pelayanan publik mempengaruhi kepuasan masyarakat sebesar 12,2%.

References

Amir, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Membayar dan Pendistribusian Isi Terhadap Kepuasan Peserta Bpjs Kesehatan Makasar. Jurnal ekonomi bodosowa, VII, 1-14.
Daga, R. (2017). Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.
Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan , H., Vianitati, P., & Gebang, A. A. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV.MEDIA SAINS INDONESIA.
Fachrurazi, H., Ekowati , D., Yoeliastuti, Rusiyanti, S., Kamisi La, H., Darwati, N., . . . Hidayat, R. (2022). Pengantar Manajemen. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Gesi, B., Laan, R., & Lamaya, F. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. Jurnal Manajemen Volume 3 No 2, 53-54.
Karlina, E., Rosanto , O., & Saputra, N. E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Disiplin pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Jurnal Sekretari dan Manajemen, III, 7-16.
Nashar. (2020). Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan. Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Purba, J. H. (2018). Perencanaan Strategis Sumber Daya Manusia Dan Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen Volume 4 Nomor 1, 44-45.
Qomariah, N. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: CV. Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Supriyanto, A. S., & Ekowati, V. M. (2019). Riset Manajemen SDM. Malang: Inteligensia Media.
Tamam. W, D. (2016). Kuliah Jurusan apa? Jurusan Manajemen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Vellyati, W. A., & Muslikhah, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik,Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Tangerang. Widya Arum Vellyati, 146-154.
Published
2024-08-10
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times