Strategi Komunikasi Content Creator Rachel Putri Aurelya Siloam Melalui Akun Instagram @rachelsiloam Dalam Penyebaran Karya Difabel
Abstract
Dalam ranah media sosial, strategi komunikasi yang efektif sangat penting bagi para content creator untuk berhasil menghubungkan diri dengan audiens mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh konten kreator Rachel Putri Aurelya Siloam melalui akun Instagram @rachelsiloam dalam menyebarkan karya digitalnya, terutama terkait dengan isu-isu parenting anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara langsung dengan Rachel dan audiensnya, observasi lapangan, serta analisis konten digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rachel Putri Aurelya Siloam berhasil mengimplementasikan karya digitalnya dengan baik melalui akun @rachelsiloam, yakni program "Observasi" yang memberikan dampak positif terutama bagi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Rachel memilih topik-topik yang relevan dengan audiensnya dan memanfaatkan fitur Live Instagram untuk berinteraksi dengan mereka. Rachel juga berhasil menggunakan strategi komunikasi yang tepat dengan cara mengenal khayalak/audiensnya, menyusun pesan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens, serta menggunakan metode komunikasi yang efektif melalui fitur Live Instagram. Penelitian ini diharapkan mampu menginspirasi dan memotivasi banyak orang dalam keterkaitan dengan isu difabilitas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konten kreator difabel dapat menggunakan platform media sosial untuk menyebarkan informasi, memberikan dukungan, dan membangun kesadaran tentang isu-isu tertentu seperti difabilitas dan inklusivitas.
References
Azhfar Muhammad Robbani dan Rhafidilla Vebrynda S.Ikom, M.Ikom. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah (Strategi Nurul Azka Dalam Mengelola Akun @Nunuzoo), Jurnal
Betts, G. (2016). 2 The New Canadian Vortex: Marshall McLuhan and the Avant-Garde Function of Counter-Environments. Dalam 2 The New Canadian Vortex: Marshall McLuhan and the Avant-Garde Function of Counter-Environments (hlm. 18–37). University of Alberta Press. https://doi.org/10.1515/9781772121513-004
Dinata, C., & Aulia, S. (2022). Analisis Personal Branding Content Creator TikTok @claramonica. Kiwari, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15672
Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Psikologi Komunikasi Untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1355
Emilia Ramadhani & Silvadiah Suci Utami, “(Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi News Presenter dalam Penyampaian Berita pada Program Acara "Sumut Dalam Berita" di TVRI Sumatera Utara), Jurnal, 2019.
Faisal Hamdan Fuadi, Strategi Komunikasi Konten Kreator Dalam Upaya Mengembangkan Akun Sosial Media: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Skripsi, 2022.
Febiansah, Dhanar Jabro, dkk, "Studi Kasus Personal Branding Konten Kreator Pada Akun Twitter@ Brojabrooo." WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 19, no.1, 2020, 92-108
Gerry Akbar Kisyono1, Noveria Anggraeni Fiaji2, “Strategi Komunikasi Content Creator Podcast Disabilitas Sebagai Platform Peningkatan Disability Awareness”, TUTURLOGI: Journal of Southeast Asian Communication, 2022.
Galey, A. (2023). Imagining Marshall McLuhan as a digital reader: An experiment in applied Joyce. Dalam Reading McLuhan Reading. Routledge.
Hakki, A. S. R. dan N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Deepublish.
Hamid, F., & Budianto, H. (2016). Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Prenada Media.
Iswadi, I., Karnati, N., & Budianto, A. A. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K.Yin. Penerbit Adab.
Larasati, P. K. P. (2021). EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 126–133.
Mohammad Tri Haryanto, “Pemanfaatan Media Internet oleh Anak Penyandang Disabilitas Netra di SLBYPAB (Yayasan Pendidikan Anak Buta) di Kota Surabaya” Jurnal.
Musa Adhe Chandra, “Strategi Komunikasi Content Creator Rian fahardi (Presiden Gen Z) Dalam Membahas Isu-Isu Politik di Media Sosial Tiktok”, Skripsi, 2023.
Musa Adhe Chandra, “Strategi Komunikasi Content Creator Rian fahardi (Presiden Gen Z) Dalam Membahas Isu-Isu Politik di Media Sosial Tiktok”, Skripsi, 2023.
Murdiyanto, D. E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.
Nurhadi, Z. F. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Prenada Media.
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Deepublish.
Theall, D. F., & Carpenter, E. (2001). McLuhan as Prepostmodernist and Forerunner of French Theory. Dalam McLuhan as Prepostmodernist and Forerunner of French Theory (hlm. 125–137). McGill-Queen’s University Press. https://doi.org/10.1515/9780773568822-012
Tengku Fathur Rizky & Wirda Yulita Putri, “Strategi Komunikasi Content Creator @ijoeel Menampilkan Kota Jakarta melalui Akun Media Sosial Instagram”, Journal, Vol. V, No. 1, Th 2023.
Stephen W. Littlejohn, Karen A. Foss, John G. Oeztel, Waveland Press, 22 Desember 2016, Theories Of Human Communication : Eleventh Edition.
Copyright (c) 2024 Laili Fithriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.