Pengaruh E-Commerce, Media Sosial, Financial Technology (Fintech) Dan Lifestyle Terhadap Peningkatan Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

  • Thalita Nathaniella Clearesta Ranupadma Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lintang Kurniawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-commerce, media sosial, financial technology (fintech) dan lifestylemempengaruhi peningkatan perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dengan menggunakan rumus slovin didapatkan sampel yang digunakan sebanyak 377 responden. Data penelitian ini diperoleh melalui angket kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pengumpulan data melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS. Secara simultan penelitian ini mendapatkan hasil bahwa semua variabel berpengaruh signifikan positif terhadap peningkatan perilaku konsumtif mahasiswa, sedangkan secara parsial e-commerce tidak berpengaruh signifikan positif terhadap peningkatan perilaku konsumtif dan media sosial, financial technology (fintech) dan lifestyle berpengaruh signifikan terhadap peningkatan perilaku konsumtif.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 179–211.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall
Bank Indonesia. (2017). Mengenal Financial Technology. https://www.bi.go.id/id
Lestari, D. (2021). Pengaruh E-Commerce dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16203
Susilawati, A. D., & Fr, D. A. (2018). Dampak Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Akses Situs On-Line Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Pancasakti Tegal). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 148–161. http://doi.org/10.25273/capital.v1i2.2321
Susandi, D., & Sukisno, S. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented Pada Distro Dlapak Street Wear. Jsii (Jurnal Sistem Informasi), 4. https://doi.org/10.30656/jsii.v4i0.368
Ray, M. J. K., Mashudi, & Herkulana. (2022). Pengaruh Penggunaan Fintech Mobile Payment dan Aplikasi Belanja Online terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(9), 1331–1339. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.57907
Rismayanti, T., & Oktapiani, S. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perila ku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Nusantara Journal of Economics (NJE), 02(02), 31–37. https://doi.org/10.37673/nje.v2i02.859
Oktaviani, Indah & Zaini (2023) Pengaruh E-Commerce dan Financial Technology Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i3.16620
Laksono, D. D, dan Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Pendapatan terhadap Keputusan Pembelian Helm KBC. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol 3 No 2, hal: 155- 164.
Fransisca, C., & Erdiansyah, R. (2020). Media Sosial dan Perilaku Konsumtif. Jurnal Prologia, 4(2), 1–9.
Armelia & Agus. (2021). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i3.11509
Published
2024-04-05
Abstract viewed = 35 times
pdf downloaded = 27 times