Pengaruh Religiusitas Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumsi Masyarakat (Studi Pada Desa Kundi Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat)
Abstract
Perilaku konsumsi merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan strategi pemasaran. Perilaku konsumsi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah religiusitas dan konformitas. Religiusitas adalah sejauh mana seseorang mempercayai dan menjalankan ajaran agamanya. Konformitas adalah kecenderungan seseorang untuk mengikuti norma dan perilaku yang diterima oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan konformitas terhadap perilaku konsumsi masyarakat di Kundi Bersatu (Desa Kundi, Desa Bukit Terak, Desa Air Menduyung) Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat saat acara sedekah kampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kuantitatif dengan membagi kuisioner cetak kepada 95 responden. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan program SPSS ver.27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan konformitas memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku konsumsi masyarakat di Desa Kundi. Berdasarkan hasil uji t terbukti bahwa religiusitas memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumsi (ρ – value 0,044 < α 0,1) dengan nilai koefisien regresi 0,098. Sedangkan konformitas juga memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumsi (ρ – value 0,013 < nilai α 0,1) dan nilai koefisien regresinya 0,282.
References
Ayun, Romadloniyah, And Setiaji Khasan. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Prespektif Gender.” Economic Education Analysis Journal 9, No. 1 (February 5, 2020): 50–64. Accessed February 4, 2023. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj/Article/View/37224.
Baron, And Byrne. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2022.
Bawono, Anton. “Kontribusi Religiusitas Dalam Rasionalitas Konsumsi Rumah Tangga Muslim.” Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 8, No. 2 (2014): 287–308. Https://Inferensi.Iainsalatiga.Ac.Id/Index.Php/Inferensi/Article/View/174.
Fahim Khan Dan Monzer Kahf, Pemikiran. “Analisis Komparatif” (N.D.).
Ghazali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.
Godara, Gargi, And Kavita Dua. “Study On Factor Influencing Consumer Behaviour In Market.” ~ 83 ~ International Journal Of Home Science 7, No. 3 (2021): 83–85. Accessed February 7, 2023. Http://Www.Homesciencejournal.Com.
Hamdi, Baitul. “Prinsip Dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah).” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 23, No. 1 (April 28, 2022): 1–15. Accessed August 29, 2023. Https://Jurnalnasional.Ump.Ac.Id/Index.Php/Islamadina/Article/View/10821.
Hasanah, Anis Faridatul. “Analisis Perilaku Konsumen Masyarakat Ponorogo Sesaat Dan Sesudah Datangnya Bulan Ramadhan.” Ijois: Indonesian Journal Of \Islamic Studies 2, No. 1 (2020): 95–106. Https://Journal.Civiliza.Org/Index.Php/Ijois/Article/Download/7/8.
Hidayat, Edwin Bahtiar, And Eko Fajar Cahyono. “Penerapan Perilaku Konsumsi Islam Pada Penerima Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana Badan Amil Zakat Nasional Di Jawa Timur (Perspektif Fahim Khan).” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan Vol. 6 No., No. Juli (2019): 1462–1475. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/315599-Penerapan-Perilaku-Konsumsi-Islam-Pada-P-C2964880.Pdf.
Ilyas, Rahmat. “Etika Konsumsi Dan Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam” (N.D.).
Isnaini, Desi. “Relevansi Religiusitas Dengan Perilaku Konsumsi.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6, No. 1 (March 22, 2020): 111–116. Accessed February 4, 2023. Https://Ejournal.Iainbengkulu.Ac.Id/Index.Php/Al-Intaj/Article/View/2860.
John W Creswell. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. 3rd Ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Kotler, Philip, And Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edited By Adi Maulana, Devri Barnadi, And Wibi Hardani. 12th Ed. Jakarta: Erlangga, 2008.
Mannan, Muhammad Abdul. Readings In Microeconomics An Islamic Perspective, Allocative Efficiency, Decision, And Welfare Criteria In An Interest-Free Islamic Economy: A Comparative Policy Approach. 1st Ed. Kuala Lumpur: Longman Malaysia, 1992.
Mashur Razak. Perilaku Konsumen. 1st Ed. Makassar: Alaudin University Press, 2016. Accessed February 4, 2023. Http://Repo.Handayani.Ac.Id/48/1/Perilaku Konsumen.Pdf.
Meuthi, M Avicenna. “Pengaruh Wawasan Konsumen, Religiusitas Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menmenjadi Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bandar Lampung.” Uin Raden Intan Lampung, 2020. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/13533/.
Myers, David G. Psikologi Sosial Social Psychology. 10th Ed. Jakarta Selatan: Salemba Humanika, 2012.
Nabila, Hanna. “Pengaruh Israf Dan Materialisme Konsumen Terhadap Perilaku Compulsive Buying Pada Produk Consumer Goods | Hanna Nabila - Academia.Edu.” Accessed September 3, 2023. Https://Www.Academia.Edu/28466364/Pengaruh_Israf_Dan_Materialisme_Konsumen_Terhadap_Perilaku_Compulsive_Buying_Pada_Produk_Consumer_Goods.
Prayoga, Rezi. “Ekspansi Desa Dan Implikasinya Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat: (Studi Pada Masyarakat ‘Kundi Bersatu’ Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka)” (N.D.).
Romadloniyah, Ayun, And Khasan Setiaji. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Prespektif Gender.” Economic Education Analysis Journal 9, No. 1 (2020): 50–64. Accessed January 13, 2023. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj/Article/View/37224/15322.
Santoso, Ignatius Hari, Suzy Widyasari, And Euis Soliha. “Fomsumerism : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear Of Missing Out Konsumen.” Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 15, No. 2 (September 29, 2021): 159–171. Accessed February 7, 2023. Https://Jurnal.Stie.Asia.Ac.Id/Index.Php/Jibeka/Article/View/230.
Schiffman, Leon G, And Leslie Lazar Kanuk. Perilaku Konsumen. 7th Ed. Jakarta Barat: Indeks, 2018.
Subianto, Totok. “Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian” (N.D.). Accessed February 4, 2023. Http://E-Journal.Ukanjuruhan.Ac.Id.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.
Sujarweni, V. Wiratna. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan Spss. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2016.
Syaparuddin. Edukasi Ekonomi Islam (Perilaku Konsumen Muslim). Edited By Jumriani. 1st Ed. Vol. 5. Yogyakarta: Trustmedia Publishing, 2021.
Wright, Glenn, Carl Salk, Piotr Magnuszewski, Joanna Stefanska, Krister Andersson, Jean Paul Benavides, And Robin Chazdon. “Conformity And Tradition Are More Important Than Environmental Values In Constraining Resource Overharvest.” Plos One 18, No. 2 (February 1, 2023): E0272366. Accessed February 12, 2023. Https://Journals.Plos.Org/Plosone/Article?Id=10.1371/Journal.Pone.0272366.
Zakariya, Ahmad Rofiq. “Analisis Pengaruh Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Dalam Konsep Islam Falah Dengan Pola Konsumsi Rumah Tangga Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Tukang Kayu Industri Mebel Di Kelurahan Krapyakrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur Tahun 2018).” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/13366/.
Copyright (c) 2024 Reni Marwiyati Lukito

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.