Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Perusahaan JNE Di Ujungbatu, Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty), dengan harapan dapat memberikan rekomendasi bagi JNE Ujungbatu Riau dalam meningkatkan loyalitasnya pelanggan. Penelitian menggunakan survey kuesioner yang disebarkan kepada 150 responden yang merupakan pelanggan dari JNE Ujungbatu. Data diuji dengan statistik deskriptif, uji-t, uji-F, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan brand trust berpengaruh signifikan secara parsial, maupun secara simultan terhadap brand loyalty pelanggan JNE. Dengan kata lain, kesetian pelanggan perusahaan jasa kurir JNE ditentukan oleh kesan yang dimiliki oleh pelanggan terhadap merek JNE dan kepercayaan konsumen untuk mengandalkan mereka JNE untuk memenuhi kebutuhan layanan jasa kurir.
Kata Kunci: brand image, brand trust, brand loyalty
References
Anjani, A. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY LIPSTIK REVLON. Skripsi, 29.
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1391
Bernarto, I., Berlianto, M. P., Meilani, Y. F., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen XXIV, 412-426.
Caroline, O., & Brahmana, R. K. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Pada Merek Imaparts. AGORE.
Hasugian, J. T. (2015). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Telkomsel (Survey Terhadap Pelanggan Telkomsel di Grapari Samarinda). eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 923-937.
Prawira, A. D., & Setiawan, P. Y. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Satisfaction, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Sepatu Merek Nike. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(12), 1305-1324. doi:10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i12.p03
Putra, I. G., & Sulistyawati, E. (2019). PERAN BRAND TRUST MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY. E-Jurnal Manajemen 8(7), 4328 - 4356. doi:10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i07.p12
Qurbani, D., & Pasaribu, V. L. (2019). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY NASABAH PRUDENTIAL SYARIAH PADA PT. FUTURISTIK ARTHA GEMILANG (Studi kasus di kantor cabang agensi Prudential Syariah PT. Futuristik Artha Gemilang Jakarta Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 121-135. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2834
Rahayu, S. (2021). Strategi Meningkatkan Loyalitas Sikap dan Loyalitas Pembelian. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Rahmadani, S., Rosmanely, S., & Nurliyah. (2022). CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH PELAYANAN KESEHATAN. Sulawesi Tengah: CV. Feniks Muda Sejahtera.
Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.
Sanjaya, Y. C., & Pratiwi, I. E. (2023, 05 21). Video Viral, Kirim Paket iPhone 12 Pro Diganti Boks Ponsel Oppo, Apa Kata JNE? Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/31/180000465/video-viral-kirim-paket-iphone-12-pro-diganti-boks-ponsel-oppo-apa-kata-jne?page=all
Sawlani, D. K. (2021). Digital Marketing: Brand Images. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (7th edition). Jakarta: Indeks.
Sibagariang, S. C., & Nursanti, T. D. (2010). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada PT Bank Sinarmas. The Winners, 118-129.
Situmorang, J. R. (2022). Semua Tentang Merek. Makassar dan Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Suhardi, & Carolin, F. A. (2019). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY SEMEN HOLCIM PADA PT. KINCO PRIMA KOTA BATAM. Jurnal Benefita, 39-50.
Susilawati, W., & Wufron. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust Serta Implikasinya Terhadap Brand Loyality. Jurnal Wacana Ekonomi.
Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, 76-84.
Copyright (c) 2024 Fernando Cornelius Sitohang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.