Analisis Strategi Digital Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Jasa Wedding Planner Sanggar Liza

  • Keyvia Setio Chintany Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta
  • Freddy Rangkuti Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
Keywords: Digital Marketing Strategy, Service Quality, Product Innovation, Competitive Advantage, Wedding Planner Sanggar Liza

Abstract

Berdasarkan dengan perhitungan Digital Marketing dengan nilai koefisien sebesar 0,266 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dapat dikatakan, bahwa terdapat pengaruh positif antara Digital Marketing terhadap Keunggulan Bersaing yang terlihat dari pengujian hipotesis pada variable tersebut. Selanjutnya, pada variable Kualitas Pelayanan hipotesis yang diajukan juga diterima, bahwa terhadap pengaruh antara Kualitas Pelayanan dengan Keunggulan Bersaing. Dalam perhitungan Kualitas Pelayanan dengan nilai koefisien 0,513 dengan taraf siginikan 0,000 < 0,05. Dapat dikatakan, bahwa terdapat pengaruh positif antara Kualitas Pelayanan terhadap Keunggulan Bersaing yang terlihat dari pengujian hipotesis pada variable tersebut. Sementara itu, untuk satu hipotesis pada variable Inovasi Produk yang diajukan, yaitu tidak terdapat pengaruh antara Inovasi Produk dengan Keunggulan Bersaing, atau Inovasi Produk memiliki hubungan yang negative terhadap Keunggulan Bersaing. Dengan perhitungan Inovasi Produk dengan nilai koefisien sebesar -0,120 dengan taraf signifikan 0,147 > 0,05. Dapat dikatakan, bahwa terdapat pengaruh negatif antara Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Berdasarkan nilai Standardized Coefficient, maka didapatkan bahwa kualitas pelayanan memiliki nilai paling tinggi, artinya kualitas pelayanan menjadi variable paling berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.

 

Kata Kunci: Strategi Digital Marketing, Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Wedding Planner Sanggar Liza.

References

Abdulah Rakhman, Liaw Bun Fa, H. R. (2017). Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Nilai Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. 10, 73–86. About Sanggar Liza. (2023).
Akob, A., Laba, R., Sobarsyah, & Saudi, S. (2022). Inovasi Produk Dan Keunggulan Kompetitif: Studi Pada Usaha Catering Di Kota M. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 494–512.
Al rasyid, H., & Tri Indah, A. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178
Anggraini, R., & Sefnedi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Gojek di Kota Padang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bunghatta, 1–23.
Anugrah, R., Danial, R. D. M., & Mulia, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keunggualan Bersaing (Studi pada: Pelaggan Hotel berbintang di Kota Sukabumi). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(1), 67. https://doi.org/10.30737/jimek.v3i1.711
Arief. (2007). Pemasara Jasa & Kualitas Pelayanan: Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. Bayumedia Publishing , 2007.
Bambang Suprianto. (2023). Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(2), 123–128. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.3015
Brata, A. A. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. PT.GRAMEDIA PUSTAKA.
Bridestory. (2023). WEDDING ORGANIZER ATAU WEDDING PLANNER, INI BEDANYA!
Chaffey, Dave;Fiona, E. C. (2016). Digital Marketing Strategy, Implementation and Practice Sixth Edition. In Pearson Education Limited (Vol. 53, Issue 9). Pearson Education Limited.
Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.357
Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif. PT. Remaja Rosdakarya.
Fatma, N., Akhmad Supriyanto, & Anna Nur Faidah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Sasirangan Di Wilayah Kota Banjarmasin). Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 1(1), 39–54.
Fatma, N., Irfan, N. F., & Latiep, I. F. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 533–540.
Fauziah, R. D., Arisman, A., & Pauzy, D. M. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Fokus Manajemen, 2(1), 99–104.
Fauziyah, N. R. (2021). Inovasi Produk: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Contoh, dan Cara Melakukannya.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26.
Hajar, S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. 5(10), 6580–6609.
Haryono, T., & Marniyati, S. (2018). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 17(2), 51. https://doi.org/10.20961/jbm.v17i2.17174
Hili, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Mikro. STIA ALAZKA, 16(2), 21–35.
Hollebeek, L. D., & Macky, K. (2019). Digital Content Marketing’s Role in Fostering Consumer Engagement, Trust, and Value: Framework, Fundamental Propositions, and Implications. Journal of Interactive Marketing, 45(May), 27–41. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2018.07.003
Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: Marketers’ perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8, 269–293. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2014-0013
Ilyas, F. (2023). Bangkitnya Industri Pernikahan Pasca Pandemi Covid 19 dan Dampaknya Bagi Ekonomi Nasional. 1(4), 428.
Indrapura, P. F. S. (2020). ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DI PERUSAHAAN CIPTA GRAFIKA Putri. Https://Ejournal.45mataram.Ac.Id/Index.Php/Economina, 2, 1970–1978. https://doi.org/doi.org/10.55681/economina.v2i8.699
Junaidi. (2010). Titik Persentase Distribusi t. Http://Junaidichaniago.Wordpress.Com, 1–6.
Kamal, F., Winarso, W., & Mardiani, L. (2020). Peningkatan Kepuasan Mahasiswa Melalui Kualitas. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM), 16(1), 38–39.
Kanaka. (n.d.). Strategi Meningkatkan Eksistensi Perusahaan Dengan Digital Marketing.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Soldering & Surface Mount Technology.
Kotler, P dan Keller, K. . (2018). Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga.
Kotler, P. dan A. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat.
Lestari, W. A., Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Busines Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 38–48.
Mabruroh, A. D., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan ( Studi Kasus Pada Bkkbisa ). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 2(3), 201–212.
Molina-Azorin, J. F., López-Gamero, M. D., Tarí, J. J., Pereira-Moliner, J., & Pertusa-Ortega, E. M. (2021). Environmental management, human resource management and green human resource management: A literature review. Administrative Sciences, 11(2). https://doi.org/10.3390/ADMSCI11020048
Nurachman, M. H. (2021). Pencapaian Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi di Kota Bandung. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 165–177.
Pratiwi, A. M., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya, 6(1), 881–898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018
Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 703–712. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Rahmi, R., Nelly, N., Nailufar, F., Ritonga, Z., & Safri, H. (2022). Analysis Of Competitive Advantage in an Effort to Improve Product Creativity and Product Innovation for Honda Motorcycles. Jurnal Ekonomi, 11(03), 532–543.
Rasyid, A., & Hadrianti, V. (2023). Analisis Strategi Pemasaran , Kualitas Layanan , Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Kepuasan Konsumen Pada Jasa Property Wedding Organizer. 4(2), 221–230.
Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., & Firmansyah, H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. In Insania (Issue September).
Regina T. Saerang, Christoffel Kojo, G. V. L. (2023). Pengaruh Pelatihan Kerja, Integritas Dan Motivasi Terhadap Loyalitas Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal EMBA, vol 11. no(1), 409.
Rizaty, M. A. (2023). Sebanyak 48,46% Penduduk Indonesia Sudah Menikah pada 2022.
Rodríguez, L. F. M., Bazán, Z. A., Dante, A. C., Cueva, F. E. I., Calla, W. C., & Chota, R. M. (2023). Digital Marketing Strategies and Their Impact on Competitive Advantage: A Focus on Strategic Management. Migration Letters, 21(S1), 624–637. https://doi.org/10.59670/ml.v21is1.6185
Rosyida, R. H., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT Paragon Technology And Innovation Di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 119–130.
Rusdarina, W., & Wiwitan, T. (2021). Strategi Digital MarketingXWedding Organizer. 1(2), 112–119.
S., W. W. A. D. (2016). Service quality, competitive advantage and business performance in service providing SMEs in Sri Lanka. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(7), 720. https://www.researchgate.net/profile/Deepani-Wijetunge/publication/307638915_Service_Quality_Competitive_Advantage_and_Business_Performance_in_Service_Providing_SMEs_in_Sri_Lanka/links/57ce647708ae582e069243bb/Service-Quality-Competitive-Advantage-and-Bus
Safri, N. A., & Pudjoprastyono, H. (2023). Analisis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Rabbani Store di Surabaya. Widya Manajemen, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i1.3073
Sangadji, E. M. dan S. (2013). Perilaku Konsumen. CV. Andi Offset.
Sanggar Liza. (n.d.). About Sanggar Liza.
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative digital marketing : teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. akarta : Elex Media Komputindo, 2009.
Sari, S. D., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Dan Jaringan Usaha Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Ikm Rotan Di Balearjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jiagabi, 9(1), 85–93. Smartcrapers - Number of Wedding Planner in Jakarta. (2023).
Sudarti, K., & Putri, I. F. A. (2013). Peningkatan Loyalitas Pelanggan melalui Reputasi Merek, Kepuasan Nasabah, dan Kualitas Pelayanan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Media Ekonomi Dan Manajemen, 27(1), 48–65.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Sumargo, J. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepada Keunggulan Bersaing Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Brand Miracle Aesthetic Clinic Di Surabaya. Agora, 9(1), 1–8.
Suyaman, D. J., Andriani, E. F., Alifiana, S., Juniar, D., & Azzahra, F. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Suzuki Satria F150 (Survei pada Komunitas Suzuki Satria F150 Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 472–587. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.361
Swastuti, E. (2020). Menejemen Inovasi Strategis Dan adopsi Digital Marketing Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Bisnis Ikm Tenun Troso Kabupaten Jepara. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 127–143. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.127-143
Talambanua, E., Nasution, Z., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Strategi Deferensiasi Produk, Digital Marketing dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Motor Honda Scoppy. Remik, 7(2), 1144–1155. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12250
Taufiq, F. A., Basalamah, M. R., & Mustapita, A. F. (n.d.). Analisis Strategi Digital Content Marketing Untuk Mempertahankan Eksistensi Perusahaan Dalam Mewujudkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Elbond Education Event Organizer. E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 1758–1766.
Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo.
Vebrian Dwisakti, Adi Santoso, S. H. (2023). Analisis Strategi Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Sayuran Hidroponik Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2552–2560).
Wall, A., & Spinuzzi, C. (2018). The art of selling-without-selling: Understanding the genre ecologies of content marketing. Technical Communication Quarterly, 27(2), 137–160. https://doi.org/10.1080/10572252.2018.1425483
Warraich, I. A., & Asif, M. (2019). Achieving Sustainable Competitive Advantage Through Service Quality: An Analysis of Pakistan’s Telecom Sector. Article in Global Journal of Management and Business Research, 13(2). https://www.researchgate.net/publication/331991695
Zerfass, A., Verhoeven, P., Moreno, A., Tench, R., & Verčič, D. (2020). European Communication Monitor 2020. Ethical challenges, gender issues, cyber security, and competence gaps in strategic communication. Results of survey in 44 countries. European Communication Monitor, 1–130.
Zuhdi, I., Muniroh, L., & Eldine Achyar. (2021). Pengaruh Harga dan Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing. Achyar Eldine Jurnal Manager, 4(1), 111–119.
Zulhijjah, M. M. Al, & Muhammad, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 99–106.
Published
2024-06-06
Abstract viewed = 17 times
pdf downloaded = 7 times