Pengaruh Digitalisasi Perbankan Terhadap Return On Assets Dan Return On Equity Pada Perusahaan Perbankan Kbmi Iv Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia

  • Lesdon Bakkara Universitas Advent Indonesia
  • Ronny B. Sihotang Universitas Advent Indonesia

Abstract

Dengan menganalisis interaksi dan pengaruh timbal balik antara kedua variabel tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak digitalisasi perbankan terhadap Return On Assets dan Return On Equity pada perusahaan perbankan KBMI IV yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengukur dampak digitalisasi perbankan terhadap Return On Assets dan Return On Equity pada perusahaan perbankan KBMI IV di Indonesia dengan menggunakan metodologi kuantitatif dan metode analisis statistik parametrik. Sepuluh perusahaan perbankan KBMI IV yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2018 dan 2023 menjadi sampel penelitian. Perusahaan-perusahaan ini dipilih secara purposive dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dasar. Temuan menunjukkan bahwa kenaikan Return On Assets dan Return On Equity di perusahaan perbankan KBMI IV sangat dipengaruhi oleh digitalisasi perbankan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa, meskipun faktor-faktor lain juga mempengaruhi kedua variabel ini, digitalisasi perbankan dapat menjelaskan sekitar 53.1% dari variasi Return On Assets dan 42,2% dari variasi Return On Equity.

Kata Kunci : Perbankan, Return On Assets, Digitalisasi, Return On Equity

References

Al-Dmour, H., Saad, N., Basheer Amin, E., Al-Dmour, R., & Al-Dmour, A. (2023). The influence of the practices of big data analytics applications on bank performance: filed study. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 53(1), 119–141. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-08-2020-0151
Andriyani, E. L. R., Purwanti, E., & Pramono, J. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. EconBank: Journal of Economics and Banking, 4(2), 116–128.
Arifiani, R. (2019). Pengaruh Return on Asset (ROA) Dan Return on Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Berdasarkan Closing Price (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Bisnis, 7(1), 1–20.
Balkan, B. (2021). Impacts of Digitalization on Banks and Banking (pp. 33–50). https://doi.org/10.1007/978-981-33-6811-8_3
Druhov, O., Druhova, V., & Pakhnenko, O. (2019). THE INFLUENCE OF FINANCIAL INNOVATIONS ON EU COUNTRIES BANKING SYSTEMS DEVELOPMENT. Marketing and Management of Innovations, 3, 167–177. https://doi.org/10.21272/mmi.2019.3-13
Fadhilah, N., & Darmawati. (2023). Transformasi Digital: Meningkatkan Kinerja Keuangan Koperasi Syariah. Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2).
Fadhilah, N., Keuangan, K., & Syariah, K. (2023). Transformasi Digital : Meningkatkan Kinerja Keuangan Koperasi Syariah. 6, 532–544.
Intifanny Amandara Putri. (2024). Memahami Peran dan Daftar Bank BUKU 4 dalam Perekonomian Indonesia. Pintu.Co.Id. https://pintu.co.id/blog/daftar-bank-buku-4-ekonomi-indonesia
Kaur, S. J., Ali, L., Hassan, M. K., & Al-Emran, M. (2021). Adoption of digital banking channels in an emerging economy: exploring the role of in-branch efforts. Journal of Financial Services Marketing, 26(2), 107–121. https://doi.org/10.1057/s41264-020-00082-w
Lisawanto, L., Mantri, Y. M., Yusuf, R., & Mohdari, M. (2023). Digitalisasi PT Pos dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan PT Pos Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 667. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.1072
Manajemen, P. S., Ilmu, F., Dan, S., & Batam, U. P. (2023). Pengaruh Digitalisasi SPBU dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Bisnis Digital, Akuntansi, Kewirausahaan,Dan Manajemen, 1(1), 49–61.
Marion, T. J., & Fixson, S. K. (2021). The Transformation of the Innovation Process: How Digital Tools are Changing Work, Collaboration, and Organizations in New Product Development*. Journal of Product Innovation Management, 38(1), 192–215. https://doi.org/10.1111/jpim.12547
Ngamal, Y., & Perajaka, M. A. (2022). Penerapan Model Manajemen Risiko Teknologi Digital Di Lembaga Perbankan Berkaca Pada Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan Indonesia. Jurnal Manajemen Risiko, 2(2), 59–74.
Parviainen, P., Tihinen, M., Kääriäinen, J., & Teppola, S. (2022). Tackling the digitalization challenge: how to benefit from digitalization in practice. International Journal of Information Systems and Project Management, 5(1), 63–77. https://doi.org/10.12821/ijispm050104
Pramitasari, T. D., & Nanggala, A. Y. A. (2023). Dampak Mobile Banking Terhadap Kinerja Dan Stabilitas Keuangan Perbankan Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 241–252.
Stefanovic, N., Barjaktarovic, L., & Bataev, A. (2021). Digitainability and Financial Performance: Evidence from the Serbian Banking Sector. Sustainability, 13(23), 13461. https://doi.org/10.3390/su132313461
Sultan, J., Asghar, E., Khan, A. N., & Rafique, M. A. (2023). Effect of Digitalisation on Bank’s Financial Performance in Pakistan. Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences, 11(2). https://doi.org/10.52131/pjhss.2023.1102.0445
Villar, A. S., & Khan, N. (2021). Robotic process automation in banking industry: a case study on Deutsche Bank. Journal of Banking and Financial Technology. https://doi.org/10.1007/s42786-021-00030-9
Wewege, L., Lee, J., & Thomsett, M. C. (2020). Disruptions and digital banking trends. Journal of Applied Finance and Banking, 10(6), 15–56.
Zefanya Aprilia. (2024). Layanan Digital Bank Besar Makin Lengkap, Bank Digital Masih Relevan? Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/market/20240229140351-17-518608/layanan-digital-bank-besar-makin-lengkap-bank-digital-masih-relevan
Published
2024-04-18
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 13 times