Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Commmerce Gojek Medan

  • Angelisia Angelisia Universitas Prima Indonesia
  • Demak Claudia Yosephine Simanjuntak Universitas Prima Indonesia
  • Felicia Felicia Universitas Prima Indonesia
  • Iin G. Siburian Universitas Prima Indonesia
Keywords: e-commerce, persepsi harga, promosi, kualitas pelayanan, kemudahan, keputusan pembelian

Abstract

Perkembangan E-commerce di Indonesia berkembang sangat cepat pada tiap tahunnya. Hal ini membuat devisa negara bertambah dengan sangat signifikan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, penelitian ini berfokus pada penjualan penjualan jasa yang didukung secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penjualan jasa secara online, seperti persepsi harga, promosi, kualita pelayanan dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan analisi statistik parametrik. Sampel pada penelitian ini berasal dari responden yang sudah melakukan pembelian jasa secara online. Data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online kepada responden berbantuan google form. Hasil penelitian yang diperoleh dari pergitungan regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y= 4,587 +0,115 X1 + 0,133 X2 + 0,206 X3 + 0,361 X4, dimana variabel persepsi harga, promosi, kualitas pelayanan tidka berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusna pembelian e-commerce Gojek Medan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu pada waktu pelaksanaan penelitian yang singkat dan jumlah sampel yang kurang memadai dibanding jumlah populasi yang ada.

 

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Arianto, N. (2003). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 21(8), 24–30.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. AdBispreneur, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13162
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Krisdayanto, & AT, Haryono, E. G. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Nurrahmanto, Agus, P. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Di Situs Jual Beli Online Bukalapak.Com. Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–78.
Priyatno, Duwi. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Gava Media. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2013). Consumer Behaviour. Prentice Hall.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. [10] Sugiyono. (2018). Statistik Penelitian. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Published
2024-06-29
Abstract viewed = 16 times
pdf downloaded = 1 times