Peran Kecerdasan Spiritual, Kontrol Diri, Sosial Ekonomi Orangtua, Dan Lingkaran Pertemanan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa

  • Ahmad Kahfiatur Rohman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Wisnu Panggah Setiyono Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Pada era perkembangan zaman seperti saat ini banyak sekali faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam hal pengelolaan keuangan seperti kecerdasan spiritual, kontrol diri, sosial ekonomi keluarga dan lingkaran pertemanan. Salah satu kasus yang ditemukan oleh Herlindawati adalah kurangnya kontrol diri pada mahasiswa dalam mengelola keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan relasi antara kecerdasan spiritual, kontrol diri, sosial ekonomi orangtua, dan lingkaran pertemanan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian. Mahasiswa yang bertempat tinggal di kecamatan Sidoarjo menjadi populasinya. Sebanyak 100 orang digunakan sebagai sampel dan diberi kuisioner sebagai pengumpul data. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian adalah kecerdasan spiritual dan sosial ekonomi orangtua berpengaruh positif signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Sedangkan kontrol diri dan lingkaran pertemanan tidak berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa.

References

M. Z. Dewi and A. Listiadi, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Literasi Keuangan terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Siswa Akuntansi SMK,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 3544–3552, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.965.
M. R. N. Sigo, L. S. Hariani, and W. Walipah, “Pengaruh Literasi Keuangan Kecerdasan Spiritual Dan Pendidikan Keuangan Di Keluarga Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa,” J. Ris. Pendidik. Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.21067/jrpe.v3i1.3812.
M. Mashud, M. Mediaty, and G. T. Pontoh, “The Effect of Financial Literature, Lifestyle and Income of Parents on Student Financial Management Behavior,” J. Int. Conf. Proc., vol. 4, no. 3, pp. 256–264, 2021, doi: 10.32535/jicp.v4i3.1315.
B. S. Narmaditya, S. Sahid, and M. Hussin, “How does family economic education foster students’ economic behavior? The mediating role of economic and entrepreneurial literacy,” Heliyon, vol. 9, no. 5, p. e15608, 2023, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e15608.
R. D. A. Parmitasari, Z. Alwi, and S. S., “Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar,” J. Minds Manaj. Ide dan Inspirasi, vol. 5, no. 2, p. 147, 2018, doi: 10.24252/minds.v5i2.5699.
F. Ramadhan, F. Ali, and V. F Sanjaya, “Peran Kecerdasan Spiritual Dan Gaya Hidup Hedonisme Dalam Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Kota Bandar Lampung,” Upajiwa Dewantara, vol. 5, no. 2, pp. 76–85, 2021, doi: 10.26460/mmud.v5i2.11640.
T. Arganata and L. Lutfi, “Pengaruh niat berperilaku, kecerdasan spiritual dan literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan keluarga,” J. Bus. Bank., vol. 9, no. 1, p. 142, 2019, doi: 10.14414/jbb.v9i1.1555.
D. Herlindawati, “Pengaruh Kontrol Diri, Jenis Kelamin, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya,” J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, p. 158, 2017, doi: 10.26740/jepk.v3n2.p158-169.
M. S. Mahapatra and R. K. Mishra, “Role of Self-control and Money Attitude in Personal Financial Planning,” Indian Econ. J., vol. 67, no. 3–4, pp. 362–366, 2019, doi: 10.1177/0019466220933408.
W. Chandra and A. S. Pamungkas, “The Influence of Attitude Toward Money, Locus of Control, Financial Self-Efficacy and Self-Control on Financial Management Behavior,” Int. J. Appl. Econ. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 578–587, 2023, doi: 10.24912/v1i1.578-587.
H. Baroroh, N. Anjaswati, M. A. Faisal, M. Arifina, and P. Pujiyanti, “Pengaruh Tingkat Kesadaran, Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Terhadap Perencanaan Keuangan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Ekon. Rabbani, vol. 2, no. 1, pp. 219–227, 2022, doi: 10.53566/jer.v2i1.81.
D. I. Kelurahan, K. Kabupaten, and S. Barat, “Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia,” vol. 05, no. 02, pp. 20–26, 1992.
Y. Maulidina and T. Kurniawati, “The Effect of E-Money, Economic Literacy and Parents’ Income on Consumptive Behavior,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 11, no. 2, pp. 191–200, 2022, doi: 10.15294/eeaj.v11i2.54254.
S. J. September, E. G. Rich, and N. V. Roman, “The role of parenting styles and socio-economic status in parents’ knowledge of child development,” Early Child Dev. Care, vol. 186, no. 7, pp. 1060–1078, 2016, doi: 10.1080/03004430.2015.1076399.
D. C. Arifin and J. Bachtiar, “Pengaruh gaya hidup, literasi keuangan, dan sosial ekonomi orang tua terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa manajemen keuangan syariah 2018,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 5, no. 6, pp. 2581–2588, 2023, doi: 10.32670/fairvalue.v5i6.2886.
M. Arista, A. Sadjiarto, and T. N. B. Santoso, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Teman Sebaya terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7334–7344, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3499.
C. Purwaningsih and A. Syamsudin, “Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 2439–2452, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2051.
N. N. Aida and R. Rochmawati, “Pengaruh Sikap Keuangan, Locus of control, Teman Sebaya terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Mediasi,” J. Pendidik. Akunt., vol. 10, no. 3, pp. 257–266, 2022, doi: 10.26740/jpak.v10n3.p257-266.
M. Mahyarni, “THEORY OF REASONED ACTION DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku),” J. EL-RIYASAH, vol. 4, no. 1, p. 13, 2013, doi: 10.24014/jel.v4i1.17.
R. Aziz and R. Mangestuti, “Tiga Jenis Kecerdasan dan Agresivitas Mahasiswa,” Psikologika J. Pemikir. dan Penelit. Psikol., vol. 11, no. 21, 2006, doi: 10.20885/psikologika.vol11.iss21.art6.
Y. K. Zega, “Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik,” J. Apokal., vol. 13, no. 1, pp. 70–92, 2022, doi: 10.52849/apokalupsis.v13i1.41.
Umi Kulsum, “Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa (Studi,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 3, no. April, pp. 49–58, 2019.
R. A. Malau and A. H. Muhammad, “Kontrol Diri dan Perilaku Cyberloafing pada Karyawan Generasi Z,” J. Soc. Ind. Psychol., vol. 11, no. 2, pp. 94–110, 2022, doi: 10.15294/sip.v11i2.64801.
F. Husnia Annafila and L. Zuhroh, “Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Islam Raden rahmat Malang,” Psikodinamika - J. Literasi Psikol., vol. 2, no. 1, pp. 20–27, 2022, doi: 10.36636/psikodinamika.v2i1.89.
H. Ahmad, “Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama,” Realita J. Bimbing. dan Konseling, vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.33394/realita.v6i2.4495.
N. OKTAFIANI CORNELIA BURNAMA and D. FITRAYATI, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Dan Sikap Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unesa,” J. Pendidik. Ekon., vol. 7, no. 3, pp. 99–104, 2020, doi: 10.26740/jupe.v7n3.p99-104.
D. Novitasari, J. Juliana, M. Asbari, and A. Purwanto, “The Effect of Financial Literacy, Parents’ Social Economic and Student Lifestyle on Students Personal Financial Management,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 10, no. 3, pp. 522–531, 2021, doi: 10.15294/eeaj.v10i3.50721.
Z. Eliza, Z. ulya, and N. Syafriani, “Pengaruh Pengelolaan dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Langsa,” Profit J. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 27–41, 2023, [Online]. Available: https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/profit/article/view/723
L. D. Noormarisa, “Pengaruh Teman Sebaya Dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Mediasi,” Perbanas Institutional Repos., pp. 1–15, 2018.
W. Agustina, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten,” Skripsi, Fak. Ekon. Univ. Widya Dharma Klaten, pp. 1–101, 2022.
R. Romadoni, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Pengelolaan Keuangan Di Keluarga Terhadap Literasi Keuangan Siswa Smk Negeri 1 Surabaya,” J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 1, p. 22, 2017, doi: 10.26740/jepk.v3n1.p22-34.
Suparyanto dan Rosad, “Perhitungan Besar Sampel,” vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.
A. Salim, “Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal Dengan Kecerdasan Spiritual Ibu-Ibu pada Pengajian Majlis Ta’lim Raudhatun Nisa’ Langsa,” pp. 17–86, 2016, [Online]. Available: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/601
Nursalam, “Bab Iii Desain Penelitian,” pp. 12–19, 2018.
R. Prawiro, “Pengaruh Keadaan Demografi Sosial Ekonomi Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Melalui Literasi Keuangan Pegawai Blud Rsud Bayung Lencir,” J. Manaj. Terap. dan Keuang., vol. 10, no. 01, pp. 16–28, 2021, doi: 10.22437/jmk.v10i01.12393.
Mai Sri Lena, Sartono, Jingga Febri Yona Malta, and Mega Silvia Herini, “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar,” Mutiara Multidiciplinary Sci., vol. 1, no. 2, pp. 74–76, 2023, doi: 10.57185/mutiara.v1i2.11.
Published
2024-05-17
Abstract viewed = 30 times
pdf downloaded = 21 times