Pengaruh Online Customer Review, E-Service Quality Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Dengan E-Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Lazada Di Surakarta)

Authors

  • Dina Ayu Indriani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wuryaningsih Dwi Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.9851

Keywords:

Online Customer Review, E-Service Quality, Price, E-Trust, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial. Online customer review, e-service quality dan price terhadap keputusan pembelian e-commerce Lazada dengan e-trust sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Surakarta yang telah memenuhi syarat dan jumlah responden sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 203 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas dan reabilitas menggunakan analisis smart PLS pada outer model. Pengujian hipotesis menggunakan inner model smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) E-service quality berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 4) Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust, 5) e-service quality berpengaruh tidak signifikan terhadap e-trust, 6) Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust, 7) E-trust berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel 8) E-Trust tidak memediasi Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian, 9) E-Trust tidak memediasi E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian, 10) E-Trust tidak memediasi Price terhadap Keputusan Pembelian.

 

References

Alvin, R., Qomariah, N., Tinggi, S., & Gempol, I. E. (2022). Effect of E-Service Quality on Online Repurchase Intention with E-Trust as a Mediator for Tokopedia users (Study on Tokopedia Instagram Followers) listiyana. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(4), 2007–2028. https://journal.yp3a.org/index.php/mudima/index
Destarini, F., & Prambudi, B. (2020).Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis58
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392
Fikriyah. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Secara Online dengan Media E-Trust (Studi pada Konsumen Pengguna Shopee di Lamongan).
Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya.
Indra, D., Zahra, H. M., Setiono, S., & Pratama, D. R. P. (2022). Pengaruh E-Rating dan E-Review dengan E-Trust Sebagai Mediasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Lazada di Dago, Bandung). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2),452.https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.568
Iskandar, D., & Irfan Bahari Nasution, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). 1(1), 128–137. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3590
Izzati, N., Utami, P., Musannip, Z., Siregar, E., & Rafika, M. (2023). The Mediating Role Of E-Trust In The Relationship Of E-Raating, E-Review, And Cash On Delivery System On Customer Purchasing Decisions: Evidence From Tiktok Shop Platform In Rantauprapat. In Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) (Vol. 6, Issue 3).
Kusnanto, D., Oktaviany, R. A., & Rahma, R. (2020).Pengaruh Trust Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i1.912
Latief, & Ayustira. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla.
Mulyati, & Gesitera. (2020). Pengaruh Onlina Cuatomer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko online Bukalapak di Kota Padang.
Murhadi, reski. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop).Sinta 3.
Natalia. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Harga Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Milenial di Pontianak (Studi Kasus Pada Situs Belanja Online Shopee). Vol 10, No 3.
Nurcahya. (2023). Analisis Pengaruh Online Customer Review dan E-Service Quality Terhadap Purchase Decision Melalui Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Bukalapak di Jabodetabek.
Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/atd.v5i1.3384
Prasetyo, A. N., & Yusran, H. L. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce. 4(1).
Putri, A. R., & Lestari, W. D. (2022a). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Service Quality, Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1).
Putri, Lukitaningsih, & Muinah Fadhilah. (2023). Analisis Online Customer Reviews dan Green Product Terhadap Purchase Decision Melalui Trust Sebagai Variabel Intervening. 8.
Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai Variabel Mediasi(Studi pada Pengguna Situs BukaLapak di Kota Semarang). www.topbrand-award.com
Wuisan, D. S. S., Candra, D., Tanaya, M. A., Natalia, V., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Website Design Quality Dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Sociolla E-Trust Sebagai Variabel Mediasi. In Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems (Vol. 4, Issue 1).
Yunus, fauzi, & rini. (2022). Pengaruh Kualitas E-Service dan kepuasan Pelanggan terhadap Repurchase intention melalui Online Customer Rating sebagai variabel Intervening di Marketplace Shopee.

Downloads

Published

2024-06-30