Kualitas Pelayanan Dan Lokasi (Location) Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Motor Orbiet Lahat
Abstract
Tehnologi membawa manusia menjadi individu yang sangat mengutamakan kepraktisan dalam menjalankan berbagai kegiatannya. Dalam hal transportasi, sepeda motor telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern Indonesia sebagai sebuah teknologi yang memberikan kemudahan melaksanakan semua kegiatan sehari-hari bagi penggunanya. Berlatar belakang keinginan konsumen tersebut tentunya memotivasi industi transportasi dalam persaingan. Service sepeda motor merupakan salah satu bidang jasa mengutamakan kualitas pelayanan dalam kegiatannya. Lokasi juga tak kalah pentingnya mempengaruhi kepuasan konsumen. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka yaitu suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan data yang bersifat teoritis yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Kemudian studi lapangan yaitu wawancara, observasi,yang berhubungan masalah yang diteliti. Untuk mendapatkan data yang jelas. Metode Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu membandingkan antara teori yang ada antara kualitas pelayanan dan lokasi mempengaruhi kepuasan konsumen pada bengkel sepeda motor orbiet lahat dan Analisa kuantitatif yaitu Analisa data dengan menggunakan rumus statistic regresi linier berganda dengan persamaan Y =a + b1X1 + b2X2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada bengkel orbiet lahat dan hasil Analisa tentang kualitas pelayanan dan lokasi mempengaruhi kepuasan konsumen pada bengkel orbiet lahat dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : pada uji t didapat ada pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas pelayanan (X1) mempengaruhi kepuasan konsumen pada bengkel orbiet lahat. Juga pada variabel lokasi mempengaruhi kepuasan konsumen. Pada uji F didapat ada hubungan secara linier antara kualitas pelayanan (X1) dan lokasi (X2) secara Bersama-sama atau simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari ketiga faktor yaitu kualitas pelayanan, lokasi sama-sama dominan mempengaruhi kepuasan konsumen pada bengkel sepeda motor orbiet lahat.
References
Al Choir, F. (2020) Pelaksanaan Quality Control Produksi Untuk MencapaiKualitas Produk Yang Meningkat (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kha-Risma Tangerang). Jurnal Pemasaran Kompetitif, I (4).
Fatihudin, D, & Firmansyah, A. (2019) Pemasaran Jasa : (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualifikasi Marketing Mix dalam Per-
Copyright (c) 2024 Hestin Hestin, Mujari Mujari, Kasinem Kasinem, Dini Kuniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
pdf downloaded = 3 times