Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Internet Fiber Optic Dengan Skala B2G Se-Karisidenan Kediri
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.9945Keywords:
Internet, Konsumen B2G, Keputusan Pembelian, Faktor Analisis.Abstract
Tingginya nilai pemanfaatan internet pada pulau Jawa membuat terbukanya kesempatan untuk para penyedia jasa layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) untuk mengembangkan sayap. Salah satunya yaitu Perusahaan BRK Network yang berdomisili di Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkonfirmasi faktor apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian layanan internet fiber optic berskala B2G (Business to Government) di Karisidenan Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan analisis exploratory factor analysis. Data diuji validitas dan reabilitasnya menggunakan SPSS, setelah itu dilanjutkan untuk uji KMO dan Uji Sphericity antar variabel menggunakan barlett of sphericity dan Anti-image correlation test. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 16 variabel yang disajikan adalah valid dan dianggap reliabel. Dari pemrosesan data menunjukkan bahwa terdapat empat variasi faktor. Mengacu terhadap hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat 4 (empat) faktor yang digolongkan berdasarkan 16 variabel. Faktor 1 yaitu dengan penamaan optimalisasi pelayanan, faktor 2 kepuasan pelanggan, faktor 3 nilai yang ditawarkan, dan faktor 4 fleksibilitas. Penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan penulis ataupun perusahaan sejenis untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga berpengaruh positif terhadap perfoma perusahaan.
References
Arnold, J., Silvester, J., Randal, R., Cooper, C., & Robertson, I. (1991). Work Psychology: Understanding human behaviour in the workplace. 2nd ed. Pitman.
Bangsa, R. J., & Khumaeroh, L. L. (2023). The Effect of Perceived Benefits and Ease of Use on the Decision to Use Shopeepay QRIS on Digital Business Students of Ngudi Waluyo University. JIBAKU: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 61–67.
Darma, B. (2021). Statitiska Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.
Dewantara, R., Cakranegara, P. A., Wahidin, A. J., Muditomo, A., Gede, I., & Sudipa, I. (2022b). Implementasi Metode Preference Selection Index Dalam Penentuan Jaringan Dan Pemanfaatan Internet Pada Provinsi Indonesia. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 6, Issue 2).
Edoria, T. J. P., Pabilonia, J. P. A., Palapar, J. A. M., Quiambao, C. D. E., Gue, I. H. V, Rith, M., & Mervin, A. (2023). Modeling consumer preference on refillable shampoo bottles for circular economy in Metro Manila , Philippines. Cleaner and Responsible Consumption, 9(May 2022), 100118. https://doi.org/10.1016/j.clrc.2023.100118
Faisal Maulana Akbar, Ayouvi Poerna Wardhanie, & Tan Amelia. (2023). Implementasi Re-design UI/UX Website Fumigasi Untuk Meningkatkan Customer Experience. Journal of Applied Computer Science and Technology, 4(2), 90–99. https://doi.org/10.52158/jacost.v4i2.488
Garrido, M. D., Egea, M., Font-i-furnols, M., Bel, M., & Pe, I. (2023). Consumer perception of entire male pork coated with spiced edible films as a new product to mask boar taint. 201(March). https://doi.org/10.1016/j.meatsci.2023.109171
Geraldo, Y. (2023). Kepuasan pelanggan sebagai penghubung faktor-faktor untuk mendukung loyalitas pelanggan (Studi kasus brand Xiboba Gen Z Kota Bekasi). Journal of Applied in Business Management and Accounting, 2(01).
Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109, 101–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.069
Ilham, Y., & Dirgantara, I. M. B. (2020a). Analisis pengaruh kualitas jaringan, kualitas layanan, kualitas informasi, keamanan dan privasi pada penyedia layanan internet terhadap kepuasan pelanggan dan dampak pada niat pembelian ulang. Diponegoro Journal of Management, 9(4), 1–7.
Imam Ghozali. (2021). Tahapan Metode Analisis Multivariate (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Johnson, R. A., & Wichern, D. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis (6th ed.). New Jersey.
Kahneman, D. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision under Risk. Econometrica, 47(2), 236–291.
Kamasi, N. V. V., & Kamasi, N. W. (2021). Analisis Quality Of Service pada Jaringan Internet di Universitas Sariputra Indonesia Tomohon. Jurnal INTEK, 4(2).
Lestari, U. P., & Sinambela, E. A. (2023). Keputusan tempat pembelian berdasarkan kualitas layanan, suasana toko, dan persepsi harga. Jurnal Satyagraha, 05(02), 87–97.
Luthfia, A. R., Basalamah, M. R., & Wahono, B. (2021). Pengaruh kepercayaan, kemudahan transaksi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Islam Malang angkatan 2019). Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 221–232.
Makmur, A. D. M., Yustiana, Saputra, A. W., & Dewi, B. M. (2023). Amatan Hukum Perikatan Mengenai Otoritas Memorandum of Understanding (MoU) sebagai Tahapan Pra Kontrak. Journal of Law, 2(2), 36–45.
Multazam, M. T., Mediawati, N. F., & Purwaningsih, S. B. (2023). Buku Ajar Hukum.
Mursid, L. F., Darmawan, A., Fridha, M., & Palupi, T. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Co-Branding McDonald’s BTS Pada Program BTS Meal. Semakom, 1(1), 463–471.
Nainggolan, N. P., & Heryenzus. (2023). Negosiasi Bisnis. Batam Publisher.
Novianti. (2020). Pengaruh kualitas jaringan internet terhadap kepuasan pelanggan indihome PT. Telkom Masamba. Universitas Muhammadiyah Palopo.
Radji, D. L. (2023). Pengaruh Personal Selling Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk di IKM BMS Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 369–375. https://doi.org/10.37641/jimkes.v5i1.23
Ramadani, & Kurniawati. (2023). Penentu kualitas layanan dan pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada sektor perbankan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 115–132.
Ribeaux, P., & Poppleton, S. E. (1978). Psychology and Work. Macmillan Education.
Richarme, M. (2005). Consumer Decision-Making Models, Strategies, and Theories, Oh My!
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior, 9th. Prentice Hall.
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022a). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone : harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313.
Sihombing, S. (2022). Metode Analisis Multivariat (M. Nasrudin, Ed.; 1st ed.). Nasya Expanding Manajemen.
Simon, H. (1997). Administrative Behavior: A Study of Decision-Making Processes in Administrative Organizations. 4th ed. The Free Press.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Titu, M. A., Darsana, I. M., Rohmadona, L., & Sishadiyati. (2023). Pengantar Ilmu Ekonomi (M. A. Wardana, Ed.; 1st ed.). Intelektual Manifest Media.
Triana, D., & Qur’ani, D. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Pos Indonesia (PERSERO) Bantul. Jurnal EBBANK, 12(2), 1–8.
Zinkhan, G. M. (1992). Human Nature and Models of Consumer Decision Making. Journal of Advertising, 21(4 II-III).

