Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Bakso Idaman 99 Di Rengasdengklok
Abstract
UMKM yang paling banyak digemari adalah industri kuliner. Semua generasi memiliki permintaan akan bakso sebagai salah satu kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan citra merek dalam UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner yaitu bakso idaman 99 untuk membuat konsumen melakukan keputusan pembelian. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur. Masyarakat umum atau pelanggan yang pernah membeli Bakso Idaman 99 dan melakukan pembelian kembali dilibatkan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan rumus Lameshow, ditetapkan sampel 96 responden. Hasil kuesioner responden, yang digunakan sebagai sumber data, dan pra-survei yang dilakukan dengan kompetitor dan pemilik Bakso Idaman 99 memberikan sebagian besar informasi yang dikumpulkan. Uji t, uji F, uji normalitas, dan uji koefisien determinasi adalah beberapa metode analisis data yang digunakan. Hasil penelitian yakni varibel yang diteliti memiliki pengaruh positif secara parsial dan simultan.
References
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace : Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). 3(1), 211–224.
Di, M., Kartika, R., Klari, K., Sumiati, H., Nurlenawati, N., Anggela, F. P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Buana, U., & Karawang, P. (2023). The Influence Of Taste And Price On Customer Satisfaction At Ice Cream & Tea Mixue In Ruko Kartika, Klari Sub-District Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ice Cream & Tea. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5860–5872. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fakhrudin, A., Valeria, M., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Bauran Pemasaran, 3, 1–91.
Fatmaningrum, S. R., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. 4(1), 176–188.
Hafid Usman(1), K. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Lazada Di Cikarang Selatan Hafid. Ilmiah Manajemen Pemasaran, 53(9), 14.
Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayanti, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R., & Hilal, N. (2021). Konsep Bauran Pemasaran 4P dan 7P. Manajemen Pemasaran: Dasar Dan Konsep, June, 126.
Heranita, C. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Gerai Boba Rich Kartasura. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/6357/1/SKRIPSI CHAERANI HERANITAA.pdf
Khotimah, K. (2023). Economics and Digital Business Review Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. 4(1), 237–252.
Kurniadi, Y U., et al. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Marketplace Shopee1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.
Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.36085/jems.v1i2.918
Nurlenawati, N., & Anggela, F. P. (n.d.). Pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi.
Pebriantika, D. T., Pitriyani, U., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Harga Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan di Karawang. Jurnal Mirai Management, 7(3), 255–262. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.4589
Petra, U. K. (2012). Jurnal Makanan Dan Minuman. 2010, 8–19.
Poha, F. R., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2022). Analisis Citra Merek , Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Survey Pengunjung Kopi Dari Hati Marisa ). 10(1), 86–104.
Produk, P. V., & Terhadap, D. A. N. P. (2023). Data Penjualan Minuman Kopi di Kedai Kopi Kulo , Galuh Mas , Karawang Periode …. 17(2).
Sianturi, H. P., Wildana, T., Lubis, H., Ginting, S. O., Pembelian, K., & Produk, K. (2021). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt . Wings Surya Tbk. 11(April), 25–36.
Studi, J., Amalia, N., Ekonomi, F., & Trunojoyo, U. (2019). Pengaruh Citra Merek , Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan ). 6(2).
Triadinda, D., Hidayaty, D. E., & Pranata, R. M. (2022). Pengaruh Layanan Prioritas Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Nasabah Bank Btn Prioritas Cabang Malang. Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 7(2), 74–81. https://doi.org/10.26877/ep.v7i2.13058
Copyright (c) 2024 Annisa Fitri Muhaemin, Netti Nurlenawati, Dexi Triadinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.