Pengaruh Variasi Menu Dan Desain Interior Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe Pizzaku Muara Badak
Abstract
Dalam era globalisasi industri kuliner mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), salah satu bisnis kuliner yang paling berkembang saat ini adalah cafe atau restoran. Cafe dianggap tempat yang paling cocok dengan gaya hidup masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi menu dan desain interior terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan café pizzaku muara badak. Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Cafe Pizzaku yang berada di wilayah Muara Badak, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, khususnya metode pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berupa link google form. Analisis data penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dan Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPls 3.2.8. dengan pengujian model pengukuran (outer model), pengujian model struktural (inner model), dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variasi Menu dan Desain Interior berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Variasi Menu dan Desain Interior juga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
References
[2] Antonia, L. (2022). Pengaruh desain interior & atmosfer restoran terhadap loyalitas pelanggan restoran nilo coffee & croissant. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(7), 1750–1765. https://doi.org/10.22334/paris.v1i7.119
[3] Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.545
[4] Ariningtyas, E., & Rachmawati K, I. A. K. (2020). Menguji Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Wedangan Jimboeng. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 7(1), 115–123. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.670
[5] Erlinda, Sulfitra, Marlizar, Murad, S., & Reza, M. (2022). Pengaruh Harga Dan Desain Interior Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Arshiya Market di Kabupaten Aceh Besar. Menara Ekonomi, VIII(3), 316–323.
[6] Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2th ed.). No Title. Badan Penerbit Univrsitas Diponegoro.
[7] Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah Insight: Jurnal Ilmiah 17(2), 202–216. https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/22963%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/download/22963/11196
[8] Herawati, T., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Online dimasa Pandemik Covid-19. Islamic Economics and Finance Journal, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.55657/iefj.v1i1.5
[10] Kholifah, U., Kusnadi, E., & Fandiyanto, R. (2022). Pengaruh Keragaman Produk Dan Endorser Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe D’Poto Situbondo Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4), 790. https://doi.org/10.36841/jme.v1i4.2092
[11] Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Prenhallindo.
[12] Kotler, P., & Gary, A. (2008). Marketing Manajemen (12th ed.). Erlangga.
[13] Kurniawan. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITASPELANGGAN (Studi pada Rumah Makan Bebek Kaleyo CabangCempaka Putih). Jurnal STEI Ekonomi, XX(Xx).
[14] Monica, F., Tulistyantoro, L., & Mulyono, H. (2022). Analisa Peran Desain Interior Dalam Menunjang Minat Pengunjung Untuk Revisit Kafe Redback dan Common Grounds Surabaya. Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior |, 10(2), 106–118.
[15] Nugraha, R. N., & Salsabila, R. A. D. A. S. (2023). Pengaruh Harga, Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe Cuci Mulut Depok). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 01(10), 1–23.
[16] Nuraprilia, W., Sissah, S., & Putriana, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Warung UMKM Minas Syukur Kambang. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(4). http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/487
[17] Oktavianto, R. (2017). Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Ritel Toko Avia Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(1), 1–10.
[18] Pohan, J. (2021). Analisis Price,Service Quality Dan Desain Interior Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Ayam Penyet Cindelaras). Jurnal Manajeman Akuntansi (JUMSI), 10(01), 6.
[19] Prasetyo, S. A. (2016). Kajian Desain Interior Restoran Piazza Italia dan Brandi Pizzeria di Surabaya. Jurnal Intra, 4(1), 7–15.
[20] Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/33202
[21] Ramdani, E. P., Farida, E., & Khalikussabir. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Menu Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Equal Cafe. E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEME, 2008, 32–42.
[22] Sasongko, M. F., Fauziah, F., & Hayati, N. (2023). Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Kuliner DKI Jakarta dengan Metode Naïve Baiyes dan Support Vector Machine. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(3), 241. https://doi.org/10.30998/string.v7i3.13931
[23] Septian, B. P., & Handaruwati, I. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i2.45
[24] Sinambela, E. A., & Mardikaningsih, R. (2022). Harga Dan Keberagaman Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran. Jurnal Satyagraha, 05(01),37–47. http://ejournal.universitasmahendradatta.ac.id/index.php/satyagraha/article/view/347/301
[25] Sitorus, O. T. (2022). Pengaruh Desain Interior Restoran Terhadap Kepuasan Tamu Di Restoran Sutomo Café Pada Putra Mulia Hotel. Niagawan, 11(3), 293. https://doi.org/10.24114/niaga.v11i3.39628
[26] Tiffani, F. (2018). Analisa Pengaruh Desain Buku Menu Terhadap Minat Beli Konsumen Di Caturra Espresso Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(2), 318–328.
[27] Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.14169
[28] Yulinda, A. T., Kusuma, M., & Susanti, W. (2022). PENGARUH DESAIN INTERIOR, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Dapoer Yuga Cafe And Resto Kayu Arang, Sukaraja). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 4(2), 418–431. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v4i2.3103
[29] Zahara, R. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3, 31–38.
Copyright (c) 2024 Shepia Shalsabila Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.