Analisis Faktor Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2016 FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

  • Efrida Mandasari Dalimunthe UIN Syekh Ali Hasan Ahamd Addary
  • Muhammad Ihsan Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa FTIK angkatan 2016 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Menurut faktor yang melatarbelakangi perilaku prokrastinasi ini adalah untuk menghindari stres atau kecemasan yang dirasakan oleh si prokrastinator. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 8 aspek yang mempunyai pengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa FTIK UIN Angkatan 2016 Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yaitu aspek Takut gagal, Cemas, Kurang Percaya Diri, Perfeksionisme, Persepsi, Manajemen Waktu, Kelelahan dan Lingkungan. Faktor yang mempunyai pengaruh paling besar adalah faktor kelelahan sebesar 83%, disusul faktor persepsi sebesar 76,7% kemudian aspek kecemasan sebesar 75,8 dan aspek perfeksionis sebesar 71,8%, aspek kurang percaya diri memberikan kontribusi sebesar 68,9%, aspek manajemen waktu. memberikan kontribusi sebesar 64%, ketakutan akan kegagalan sebesar 61,2% dan aspek yang memberikan kontribusi pengaruh paling rendah adalah lingkungan. Dalam jurnal ini hanya aspek manajemen waktu yang dibahas.

References

Ferrari, J. J. (1995). Procrastination and task avoidance. New York: Plenum Press.
Gentile, D. (2011). The Multiple Dimensions of Video Game Effects. Child Development Perspectives, 5, 75-81.
He, S. (2017). A multivariate investigation into academic procrastination of university students. Open Journal of Social Sciences, 5, 12-24. doi:https://doi.org/10.4236/jss.2017.510002
Lay, C. (1986). At Last, My Research Article on Procrastination. Journal of Research in Personality, 20, 474-495.
Ondang, G. L. (2020). Dampak Game Online terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fispol UNSRAT. Jurnal Holistik, 2(13), 1–15.
Pande, N. P. (2015). Hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 163–171.
Prameswari, A. A. (2020). Perbandingan Manajemen Waktu Mahasiswa Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang. Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 2(2), 10-13.
Shafura, I. L. (2017). Kecanduan Game Online Hubungannya dengan Prestasi Akademik Remaja di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan. 2(3).
Solomon, L. J. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counselling Psychological, 31, 503- 509.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
William Kanaus, E. (2002). The Procrastination Work Book. Oakland: New Harbinger Publications.
Yolanda, R. (2018). Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X di SMKN 2 Payakumbuh. Padang: Skripsi Universitas Negeri Padang.
Young, K. (2009). Understanding online gaming addiction and treatment issues for adolescents. The American Journal of Family Therapy, 37, 355-372.
Yunita, D. R. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Manajemen Waktu Pada Siswa SMA N 1 Kembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2137-2142.
Published
2024-05-11
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 8 times