Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Widuri Widuri STKIP Al Maksum Langkat
  • Ade Evi Fatimah STKIP Al Maksum Langkat
  • Azrina Purba STKIP Al Maksum Langkat

Abstract

Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah minimnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik dan variatif dalam menunjang proses pembelajaran komputer dan jaringan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4-D (Four D model). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Swasta Muhammad Yaasiin dan objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning menggunakan aplikasi canva dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh persentase validitas pengembangan media sebesar “97,3%” dari Ahli Media, “90%” dari Ahli Materi, dan 92% dari Ahli Bahasa yang berada pada kriteria “sangat layak”. Hasil respon siswa terhadap media diperoleh persentase “90,4%” dengan kriteria “sangat baik”. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil persentase nilai pretest sebesar “62,11%” dan posttest sebesar “85,19%”. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Muhammad Yaasiin.

References

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal EDUTECH UNDIKSHA, 8 (1), 32-45.
Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, & Mattoliang, L. A. (2020, May). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Al asma: Journal Of Islamic Education, 2(1), 97-110.
Fatimah, A. E., Ningsih, I. S., & Figna, H. P. (2023). Pengembangan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Amaliyah. Jurnal Sains dan Teknologi, 4 (3), 76-83.
Hafizah, Z., & Samosir, K. (2023, April). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan. Nautical:Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 5.
Purnamasari, S., Heryawan, A., & Romli. (2019). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP. Jurnal Eknologi Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 6 No. 01, Hal.37-43
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sakti, I., Idamayanti, R., & Agussalim, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 3 (2), 1-9.
Sari, M. L., & Pratikto, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva: Efektif Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pendidikan (JEBP), 273.
Soeharyono, J. N., Januar, H., Damayani, A., & Paryati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning Berbantu Media Canva Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N Pandeanlamper 01 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Vol 3 No 3, 3411-3420.
Syahputra, P., Arwansyah, & Hasyim. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Potensia, 6 (2), 158-164. file:///C:/dokumen mira/Bismillah SKRIPSI/jurnal/18026-47503-1-PB.pdf
Tambunan, K., Sitompul, H., & Mursid, R. (2021, Juni). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 8 (1), 63-70.
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. 1974. Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. A Source Book Bloomington: Indiana University
Tonce, E. A (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMAS Katolik St. Gabriel Maumere. Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 2.
Published
2024-06-01
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 13 times