Peningkatan Efektivitas Pembagian Beban Di Istana Koki Restaurant & Grand Ballroom

  • Dimas Nanda Ikhsan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Zuraidah Tharo Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Solly Aryza Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi untuk meningkatkan efektivitas pembagian beban listrik di Istana Koki Restaurant & Grand Ballroom. Metode penelitian meliputi survei terhadap konsumsi listrik selama periode tertentu, analisis sistem distribusi listrik, dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan penyesuaian pada sistem distribusi listrik, dapat dicapai peningkatan signifikan dalam efisiensi penggunaan energi. Selain itu, penerapan praktik pengelolaan energi yang lebih baik dan edukasi terhadap pengguna listrik juga berperan penting dalam mengoptimalkan penggunaan listrik di Istana Koki Restaurant & Grand Ballroom. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa langkah- langkah ini dapat menjadi pedoman bagi industri restoran dan acara untuk meningkatkan efisiensi penggunaan listrik dan mengurangi dampak lingkungan.

References

Diambil dari rentang tersebut, penggunaan energi dapat dikurangi sebanyak 10% hingga 30%.

DAFTAR PUSTAKA
[1] Agung. Metode Pengaturan Penggunaan Tenaga Listrik Dalam Upaya Penghematan Bahan Bakar Pembangkit Dan Energi. Semarang. Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik –UNDIP
[2] Iskandar, Norman, TA. 2020. Audit Energi di Hotel Clarion. Makassar
[3] Abdurarachim dkk.Audit energy, efisiensi konservasi energy dan penghematan biaya.
[4] Rianto. 2021. Audit Energi dan Analisis Peluang Penghematan Konsumsi Energi Pada Sistem Pengkondisian Udara di Hotel Santika . Laporan Tugas Akhir. Makassar : Universitas Hasanuddin.
[5] Linany Namara Erdianta.penggunaan energy listrik gedung jurusan teknik fisika (ITS).
[6] Aneka Firdaus.seminar nasional teknik mesin universitas sriwijawa.
[7] Gonen Turan, 2020", Modern Power System Analysis", Canada, John wiley and sons Inc
[8] Surat Keputusan Menparpostel No. KM 37/PW.340/MPPT-21, tentang peraturan Usaha dan Penggolongan Hotel. Bab I, pasal 1, Ayat (b). Diambil dari: http://jenishotel.info/pengertian- hotel. (15 Desember 2022)
[9] Keputusan Direktur Jendral Pariwisata (2020)berdasarkan fasilitas dan jumlah kamar hotel dalam Bernadete Monica (2020). Diambil dari: http://jenishotel.info/pengertian-hotel. (15 Desember 2022)
[10] Badan Standarisasi Nasional 2020. Prosedur Audit Energi Pada Bangunan Gedung, Konservasi Energi Sistem Tata Udara Pada Bangunan Gedung dan Konservasi Energi Sistem Pencahayaan Bangunan Gedung (SNI 03-6196-2000). Departemen Pendidikan Nasional
[11] Aryza, S., & Lubis, Z. (2023). Enhanced of Electric Power Consumption Monitoring System in Household Based on Sensorless. Jurnal Scientia, 12(4). ISSN 2302- 0059. Retrieved from http://infor.seaninstitute.org/index.php
[12] Wardani, R., Tharo, Z., & Fahreza, M. (2023). Konsumsi Energi Listrik pada Penggunaan Lift Penumpang di Rumah Sakit Adam Malik Medan. Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya, 5(1), eISSN 2716-4063.
Published
2024-05-27
Abstract viewed = 16 times
PDF downloaded = 2 times