Integrasi Metode Kano Dengan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Kerupuk Ikan

  • M.Ridhwan Nuruddi Caesareno Aironic Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hidayat Hidayat Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yanuar Pandu Negoro Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Persaingan di industri kerupuk ikan semakin ketat. Banyak produsen lain yang juga mencoba memasuki pasar dengan berbagai inovasi baru baik dari segi rasa maupun kemasan. Oleh sebab itu, perusahaan dirasa penting untuk terus melakukan pengembangan produk agar dapat tetap bersaing dan mempertahankan pangsa pasarnya. Dalam penelitian ini, metode Kano dan QFD yang digunakan. Tujuan Metode Kano adalah untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen tentang produksi kerupuk, dan QFD adalah untuk menawarkan saran yang paling penting untuk meningkatkan kualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kano memiliki 6 atribut one-dimensional, 4 atribut must-be, 2 atribut Attractive, dan untuk atribut Indefferent tidak mendapat grade. Di sisi lain, hasil penelitian QFD menunjukkan bahwa pengujian validitas ketiga tingkatan menghasilkan nilai R hitung yang lebih dari R table 0,532, yang menunjukkan bahwa atribut valid sementara uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai alpha dari ke-3 tingkatan menghasilkan nilai dan jawaban responden dianggap konsisten.

References

Arianti, M. S., Rahmawati, E., Prihatiningrum, D. R. R. Y., Magister, ), & Bisnis, A. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Quality Control (Sqc) Pada Usaha Amplang Karya Bahari Di Samarinda. Edisi Juli-Desember, 9(2), 2541–1403.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.
Fitriani, A., & Purnomo, H. (2018). Perancangan dan Pengembangan Bed Shower Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) Berdasarkan Prinsip Ergonomi. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 2(2), 85. https://doi.org/10.30656/jsmi.v2i2.629
Herlina, E., Haris, F., Prabowo, E., & Nuraida, D. (2021). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DALAM MENINGKATKAN. Analisis Pengendalian Mutu Dalam Meningkatkan Proses Produksi, 11(September), 173–188.
Lukman, M., & Wulandari, W. (2018). Peningkatan Kualitas Produk Cokelat Dengan Integrasi Metode Kano Dan QFD. Jurnal Teknik Industri, 19(2), 190–204. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol19.no2.190-204
Manajemen, J., Sari, L., Isnaini, M., Umam, H., Lubis, F. S., & Nur, M. (2023). MATRIK Mitigasi Risiko Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pada Proses Produksi Pinting Cup. XXIV(2). https://doi.org/10.350587/Matrik
Mantika, F., Arifin, Z., Methalina Afma, V., Pengajar Program StudiTeknikIndustri, S., Riau KepulauanBatam Jl Batu Aji Baru, U., & Riau, K. (2017). Pengembangan Desain Poduk Bantal Sofa Untuk Memenuhi Kebutuhan Konsumen Dengan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Di Cv Pili Pilo Indonesia Development of Sofa Cushion Design To Meet Consumer Needs With Quality Function Deployment (Qfd) Method in Cv. Profisiensi, 5(2), 92–97.
Narto, N. (2020). Pengembangan Produk Kerupuk Ikan Bandeng Di Kabupaten Gresik Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd). KAIZEN : Management Systems & Industrial Engineering Journal, 2(2), 40. https://doi.org/10.25273/kaizen.v2i2.5956
No Title 对职业教育的影响. (2019). 6(1), 1775–1785. https://www.minsal.cl/wp-content/uploads/2019/01/2019.01.23_PLAN-NACIONAL-DE-CANCER_web.pdf
Prasetyo, M. E., & Sulistiyowati, W. (2022). Analisa Kualitas Layanan Menggunakan Metode KANO (Pada Jasa Pengiriman Barang PT . XYZ). Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 6(3), 1–9.
Pulungan, M. H., Hastari, L. D., & Dewi, I. A. (2019). Perbaikan Desain Kemasan Produk Biskuit Brownies Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknotan, 13(2), 39. https://doi.org/10.24198/jt.vol13n2.2
Putra, E., & Wardhana, A. (2016). 隐性胜任特征的显性化 乐国林 1 毛淑珍 2 (1、2. Analisis Kesejahteraan Mustahiq Dan Non Mustahiq Perspektif Maqaashidus Syariah, v(Syariah Economic, Zakat), 1–7.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Rudiawan, H. (2021). Peranan Manajemen Produksi dalam Menyelaraskan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(2), 66.
Soekarta, R., & Suharsono, S. (2021). PERANCANGAN PENUTUP JEMURAN OTOMATIS MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE QFD (Quality Fungsional Deploymen). Metode : Jurnal Teknik Industri, 7(2), 79–87. https://doi.org/10.33506/mt.v7i2.1654
Soetaryo, E. U., & Lawalata, R. F. (2021). Analisis Preferensi Konsumen Hotel Dengan Metode Kano Berdasarkan Dimensi Servqual. Jurnal PASTI, 15(3), 330. https://doi.org/10.22441/pasti.2021.v15i3.009
Ubaidillah, A. F., Donoriyanto, D. S., & Tranggono, T. (2021). Penerapan Metode Kano Dalam Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Pembelajaran Berbasis Online Pada Program Studi Teknik Industri Upn “Veteran” Jawa Timur. Juminten, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.215
Published
2024-05-29
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 12 times