Analisa Efektivitas Instagram Ads Untuk Meningkatkan Branding Event Selacontest.Id Dengan Metode CRI Dan EPIC Model

  • Yudha Adhitya Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Jufriyanto UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
  • Akhmad Wasiur Rizqi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Abstract

Pertumbuhan pengguna media sosial secara global menunjukkan peningkatan yang signifikan . Cara promosi dengan menggunakan internet ini juga digunakan oleh PT. SELA KONTES PRODUKSI dalam mempromosikan acara selacontest.id yang diikuti oleh peserta berusia 0 hingga 15 tahun. Penelitian ini untuk menilai efektivitas penggunaan Iklan Instagram dalam Selacontest. Id event menggunakan metode EPIC Model dan metode CRI. Setelah melakukan penelitian mengenai efektivitas pemasangan iklan di Instagram Ads untuk meningkatkan branding acara Selacontest.Id, dengan menggunakan metodologi Customer Response Index dan EPIC Model. Temuan yang dikumpulkan mengungkapkan bahwa pengujian efektivitas periklanan di Instagram Ads dengan pendekatan Customer Response Index (CRI) pada acara Selacontest.Id dinilai berhasil. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model EPIC merupakan strategi yang sangat baik untuk meningkatkan branding acara yang diselenggarakan oleh Selacontest.Id melalui iklan di media sosial Instagram. Pendekatan ini terbukti sangat berguna bagi pemilik Instagram yang telah berinteraksi dengan akun Selacontest.Id.

References

Buku
Best, R. (2012). Market-Basedd Management. . New Jersey: Pearson Education.
Halim F., S. &. (2020). Marketing dan Sosial Media. Jakarta: Media Sains Indonesia.
Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Jurnal Ilmiah
Ainiyah, A. &. (2020). Analisis Perbandingan Efektivitas Iklan menggunakan EPIC Model terhadap Peningkatan Brand Awareness pada Produk Indihome Study. Prosiding Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC 7th (pp. 1-10). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Amira, N. a. (2019). ektivitas Fitur Instagram Sponsored sebagai Media Iklan/Promosi (Studi pada Iklan Tiket.com dengan Metode EPIC Model). CommSci-Journal Of Media and Communication Science, 2(2, 116–126.
Arisna, P. J. (2023). Analisis EPIC Model Terhadap Efektivitas Video Promosi Melalui Media Sosial. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 535-546.
Chandra, W. A. (2022). EPIC MODEL: Pengukuran Efektifitas Komukasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Medan pada masa New Normal. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 716-724.
Mahdi, A. W. (2022). Pengukuran Efekivitas Iklan Gojek Menggunakan Metode Epic Model di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 5(1),, 1-14.
Marpaung, H. L. (2020). Analisis Efektivitas Iklan Sosial Media Instagram Menggunakan Metode CRI (Customer Response Index) Pada Sunny Side Coffee. eProceedings of Applied Science, 6(1)., 1-13.
Pancaningrum, E. a. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi’,. JAD: Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara, 53-61.
Pratiwi, D. E. (2020). Efektivitas Iklan Sosial Media Instagram Menggunakan Metode Customer Response Index (studi Kasus Pada Avana Id Tahun 2020). eProceedings of Applied Science, 6(2)., 920-927.
Sahi, A. (2021). Pemanfaatan instagram ads untuk optimalisasi digital marketing di lingkungan LP3I. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), 318-328.
Shiratina, A. I. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sains Manajemen, 2(1), 15-23.
Zamista, A. A. (2020). Analisis SOAR pada strategi pemasaran di industri jasa finance. . Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 27-33.
Published
2024-06-09
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 3 times