MENINGKATKAN MINAT PEMBELI MENGGUNAKAN STRATEGI AFILIASI PADA PEMASARAN DIGITAL

  • Mohamad Afrizal Miradji Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aisyah Amalia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mohammad Hisya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Endah Wulandari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Usmawanti Usmawanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Pemasaran digital saat ini telah berkembang secara signifikan, disamping itu terdapat juga teknologi yang berperan penting dalam pemasaran sebuah produk. Perkembangan ini yang kemudian menjadikan banyak persaingan antara satu dengan yang lainnya. Pada tahun 1989 seseorang yang memiliki bisnis toko bunga online bernama PC Flowers and Gift’s yaitu Willian J. Tobin menciptakan strategi affiliate marketing melalui website-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi afiliasi pada pemasaran digital untuk meningkatkan minat pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menyelesaikan persoalan dengan menelusuri sumber tulisan yang telah ada sebelumnya. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa minat pembeli dapat dipengaruhi dengan adanya strategi afiliasi. Kedua, terciptanya hubungan yang positif antara penyedia program afiliasi dengan afiliator. Dari hasil penelitian ini, perusahaan memiliki strategi yang cukup baik dengan menggunakan afiliasi program dengan tujuan perusahaan ini adalah menjangkau eksposur, traffic, dan brand awarness, namun apabila perusaan ingin menjangkau end user maka perusahaan perlu memperhatikan faktor - faktor lain yang dapat mempengaruhi variabel keputusan pembelian.
Kata Kunci : Strategi Afiliasi, Pemasaran Digital, Minat Beli

References

Akpoyomare, O. Ben, Adeosun, L. P. K., & Ganiyu, R. A. (2013). The Influence of Product Attributes on Consumer Purchase Decision in the Nigerian Food and Beverages Industry: A Study of Lagos Metropolis. American Journal of Business and Management, 2(1), 196. https://doi.org/10.11634/216796061706211
Irfania, N. (2022). Factors influencing the online buying interest of SMEs Food and Beverage Products. Studies on the people of West Bandung Regency, Indonesia Faktor yang mempengaruhi minat beli online Produk Makanan dan Minuman UKM. Studi pada masyarakat Kabupaten Bandung . International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 3(1), 41–52. https://ijabo.a3i.or.id
Misra, I., Zakiah, Z., & Sukmana, E. T. (2021). Mekanisme Bagi Hasil pada Sistem Affiliate Marketing Taqychan Saffron. Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 94. https://doi.org/10.31602/iqt.v7i2.5629
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Rena Puspitasari. (2023). Pengaruh Pemasaran Afiliasi E-Commerce pada Media Sosial Terhadap Minat Beli Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.61242/ijabo.23.257
Sulastri Dewi Sri. (2022). The Effect of Service Quality on Repurchase Interest at Mie Gacoan Restaurant in Bandung, Indonesia. International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 3(2), 43–51. https://ijabo.a3i.or.id
Published
2024-06-21
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 4 times