Pengembangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Untuk Umkm Lampu Mobil Pada Toko Fajar Timur

  • Daniel Daniel
  • Ezra Shandra Dewi
  • Erika Ardya Mesia Putri
  • Wasino Wasino
  • Jap Tji Beng Universitas Tarumanagara

Abstract

Di era modern ini, kemajuan teknologi informasi telah menjadi aspek vital dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam industri otomotif, dimana teknologi memegang peranan penting dalam operasional sehari-hari, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang otomotif. UMKM mewakili kegiatan usaha masyarakat kelas bawah hingga menengah. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, yang berfokus pada diversifikasi, inovasi, dan peningkatan produktivitas ekonomi. Dengan mengadopsi teknologi, toko-toko di bidang aksesoris otomotif dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja bisnis aksesoris otomotif dengan mengembangkan aplikasi E-commerce berbasis web untuk membantu penjualan dan pengelolaan stok. Perancangan aplikasi akan meningkatkan alur bisnis toko dan memperluas jangkauan penjualan melalui toko online. Data penelitian ini diperoleh dari pemilik toko aksesoris otomotif yang beroperasi pada tingkat UMKM. UMKM mulai memanfaatkan teknologi ini untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan UMKM sejenis. Untuk itu peneliti merancang aplikasi E-commerce berbasis web dengan menggunakan metode waterfall. Aplikasi E-commerce ini diharapkan dapat memberikan dukungan positif bagi kelancaran operasional dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

References

Anggie, A. Y., Beng, J. T., & Wasino. (2023). Perancangan aplikasi berbasis web untuk pemesanan produk eksterior dan interior pada bengkel las krisna. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.24912/jiksi.v11i1.24087.
Asyifah, A., Syafi’i, A., Hanipah, H., & Ispiyani, S. (2023). Pengembangan aplikasi e-commerce untuk peningkatan penjualan online. Action Research Literate, 7(1), 70–75. https://doi.org/10.46799/arl.v7i1.188
Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., ... & Rindi Wulandari, S. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi di berbagai sektor pada masa society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi umkm. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77–85.
International Renewable Energy Agency. (2019). The energy progress report. Irena.org. https://www.irena.org/publications/2019/May/Tracking-SDG7-The-Energy-Progress-Report-2019
Munizu, M., Tandiono, R., Pravitasari, E., Kardini, N. L., Hendrawan, H., Nur, T., Siswanto, A., & Manuaba, I. B. K. (2023). Umkm: Peran pemerintah dalam meningkatkan daya saing umkm di indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nugroho, A. (2009). Rekayasa perangkat lunak menggunakan uml dan java. Andi Offset.
Pawan, E., Thamrin, R. H. H., Hasan, P., Bei, S. H. Y., & Matu, P. (2021). Using waterfall method to design information system of spmi stimik sepuluh nopember jayapura. International Journal of Computer and Information System (IJCIS), 2(2), 34–39. https://doi.org/10.29040/ijcis.v2i2.29
Robin, R., & Wasino, W. (2023). Perancangan website pemesanan ten rooms resort bintan menggunakan metode waterfall. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 444–449. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.6478
Saputra, A. (2012). Membangun sistem aplikasi e-commerce dan sms. Elex media komputindo.
Sukamto, R. A. & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Informatika.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan umkm (Usaha mikro kecil dan menengah) di indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58. https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.627.
Ummah, L. D. (2018). Rancang bangun e-commerce pada toko kerudung nuri collection berbasis customer relationship management. Nuansa Informatika, 12(2), 10-17. https://doi.org/10.25134/nuansa.v12i2.1350.
Valentino, F., Tji Beng, J., & Wasino. (2020). Cv.x website-based application to improve fish marketing: case study on x lp. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1007(1), 012158. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1007/1/012158.
Vinatra, S. (2023). Peran usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) dalam kesejahteraan perekonomian negara dan masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.
Published
2024-07-07
Abstract viewed = 15 times
PDF downloaded = 9 times

Most read articles by the same author(s)