Studi Empiris Peran Kemanfaatan Dalam Memediasi Pengaruh Kemudahan Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Tata Praja
Abstract
Kemudahan dan manfaat aplikasi merupakan faktor penting dalam menumbuhkan minat menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan dan manfaat dalam mendukung pekerjaan terhadap niat menggunakan aplikasi TATAPRAJA. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data dari pengguna aplikasi TATAPRAJA. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Uji mediasi dengan uji Sobel. Banyaknya reponden dalam penelitian ini adalah 62 orang yang merupakan pengguna aplikasi TATAPRAJA. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemudahan menggunakan aplikasi berpengaruh positif terhadap kemanfaatan yang dirasakan, 2) Kemanfaatan yang yang dirasakan berpengaruh positif terhadap niat menggunakan aplikasi, dan 3) Kemudahan menggunakan aplikasi tidak berpengaruh langsung terhadap niat menggunakan tetapi berpengaruh tidak langsung secara positif terhadap niat menggunakan melalui kemanfaatan yang dirasakan.
Kata Kunci: Kemudahan, Manfaat, Niat Menggunakan, TATAPRAJA
References
Ayanwale, M. A., & Molei, R. R. (2024). Exploring intention of undergraduate students to embrace chatbots: from the vantage point of Lesotho. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(20): 1-28.
Binowo, K., Setiawan, A. N., Tallisha, R. P., Azzahra, S., Sutanto, Y. E., Hidayanto, A. N., & Rahmatullah, B. (2023). Analysis of Factors Affecting User Inclination to use Virtual Education Exhibitions in the Post Pandemic Covid-19 Era: Case Study in Indonesia. The Electronic Journal of e-Learning, 2022(3): 12-28.
Chau, Y. P. (1996). An empirical assessment of a modified technology acceptance model. Journal of management information systems, 13(2), 185-204.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Lee, W. S., Song, M., Moon, J., & Tang, R. (2023). Application of the technology acceptance model to food delivery apps. British Food Journal, 125(1): 49-64.
Listiyono, H., Sunardi, S., Utomo, A. P., & Mariana, N. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning. SISFOKOM, 2022(3): 208-213.
Luik, P., & Taimalu, M. (2021). Predicting the Intention to Use Technology in Education among Student Teachers: A Path Analysis. Education Science, 11(564): 1-14.
Mahardika, S. A., & Suhari, Y. (2023). Perceived Ease Of Use And Perceived Usefulness on The Intention To Use E-Ticketing Football. Jurnal TAM, 14(1): 57-62.
Oentoro, W. (2021). Mobile payment adoption process: a serial of multiple mediation and moderation analysis. The Bottom Line, 34(3/4): 225-244.
Su, M.-T., Liu, H.-M., Yu, H.-F., & Sung, P.-H. (2023). Effects of SCT-TAM model on mobile payment adoption in Taiwan: A moderated mediation approach. Journal of Business Administration, 48(2): 17-35.
Vargas-Herrera, J., Meneses, G., & Cortez-Escalante, J. (2022). Physicians’ Perceptions as Predictors of the Future Use of the National Death Information System in Peru: Cross-sectional Study. Journal Of Medical Research, 24(8): 1-15.
Copyright (c) 2024 Yohanes Suhari, Sri Eniyati, Hari Murti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.