Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Laporan Wisata Berbasis Web Pada DINBUDPAR Kabupaten Rembang

  • Lathifatul Athiyah Universitas AKI
  • Yohana Tri Widayati
  • Satrio Agung Prakoso

Abstract

Kemajuan pesat teknologi informasi bagaikan angin segar yang membawa transformasi besar dalam berbagai bidang, tak terkecuali industri pariwisata. Di Kabupaten Rembang, pengelolaan data kunjungan wisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih bersifat manual, menggunakan program Excel dan Word, sehingga prosesnya memakan waktu lama. Penelitian ini bercita-cita untuk membangun sistem informasi berbasis web yang difokuskan pada pengelolaan data kunjungan dan pendapatan destinasi wisata di Kabupaten Rembang. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kebergunaan sistem. Metode yang digunakan melibatkan pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi yang terkomputerisasi dapat meminimalkan kesalahan mengurangi waktu pemrosesan, meningkatkan kualitas data, serta mempermudah pelaksanaan tugas. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem berbasis web yang diusulkan dapat mengoptimalkan pengelolaan laporan data kunjungan dan pendapatan destinasi wisata, sehingga berdampak positif terhadap kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang.

References

Agnes Manuhutu, M., Basuki Rahmat, J., & Barat, P. (2021). Sistem Informasi Promosi Tempat Wisata Di Kota Sorong Berbasis Website (Kasus: Kawasan Wisata Mangrove Klawalu). Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 5(1), 304.
Alwiah Musdar, I., Arfandy, H., KHARISMA Makassar Jl Baji Ateka No, S., Mappakasunggu, B., Mamajang, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pariwisata Sulawesi Selatan Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Prototyping. SINTECT JOURNAL, 3, 71–77.
Christian, A., Hesinto, S., & Agustina. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 22–27.
Hasanah, F. N. (2020). Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-89-6
Novianti Rizaniar, F., & Sardiaritno. (2015). Perancangan Sistem Informasi Wisata Air Di Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Web. Evolusi, III(1), 41–48.
Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, XII(01), 7–21.
Published
2024-07-10
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 2 times

Most read articles by the same author(s)