Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8

  • Rafiq Hisyam STKIP Al Maksum Langkat
  • Harry Pratama Figna
  • Ahmad Indra Harahap

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 untuk siswa kelas 8 SMPN 1 Besitang. Penelitian ini menggunakan penelitian metode Research and Development dengan prosedur Model ADDIE dengan 5 tahapan utama yaitu: 1) Analysis, 2) Desain, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli media memperoleh 83,54% kategori “Sangat Layak”, ahli materi memperoleh 82,19% kategori “Sangat Layak” Kemudian validasi angket guru menunjukkan sebesar 84,23% kategori “Sangat Menarik” lalu validasi angkat pada siswa menunjukkan sebesar 81,74% kategori “Sangat Menarik”. Dapat di simpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Menengah pertama (SMP).

References

Hernandez, R. M. (2017). Impact of ICT on Education : Challenges and Perspectives. Propósitos y Representaciones, 5(1), 325–347. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2051 1/pyr2017.v5n1.149
Figna,H.P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran,6(4),2411-2415.
Habib, A. (2020). Pemanfaatan Multimedia Interaktif : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pjbl (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan Dasar,1-12
Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86.https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1. 6960
Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Bagi Pebelajar Bipa Pemula Di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20535
Lee, William W. & Diana L. Owens. (2004). Multimedia-Based Instructional De sign: Computer-Based Training, Web Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions 2nd Ed. San Fransisco: Pfeiffer.
Sumarna, yana., Budi Daya Jati, (Jakarta : Penebar Swadaya, 2004)
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-07-13
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 6 times