Optimalisasi Penyaluran Daya PLTU Dengan Metode First In First Out (FIFO)

  • Waldi Prabowo Pasaribu Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Zuraidah Tharo Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Parlin Siagian Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Peningkatan kebutuhan energi listrik seiring dengan pertumbuhan populasi dan perkembangan teknologi menuntut peningkatan suplai dari pembangkit listrik, terutama yang menggunakan bahan bakar batu bara. Persaingan bisnis di sektor pembangkit listrik mengharuskan perusahaan mengelola sumber daya dengan optimal untuk mencapai laba maksimal. Bahan baku sebagai bahan bakar memainkan peran penting dalam operasi pembangkitan tenaga listrik, dan gangguan pada persediaan dapat menghambat proses produksi serta mengurangi laba. Suplai daya dari pembangkit sangat dipengaruhi oleh permintaan beban, kemampuan unit pembangkit, dan rugi-rugi pada saluran. Biaya bahan bakar yang tinggi dapat membuat operasi pembangkitan menjadi tidak ekonomis. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meminimalkan biaya operasi sambil memenuhi variasi beban, melalui penjadwalan operasi generator dan koordinasi antar pembangkitan. Metode First in First Out (FIFO) dalam pembagian pembebanan dapat membantu mencapai efisiensi biaya dengan menentukan kombinasi daya keluaran dari setiap unit pembangkit secara ekonomis. Dengan demikian, optimalisasi pembebanan bertujuan untuk mencapai biaya operasi yang optimal dan ekonomis, memperhatikan batasan kapasitas unit pembangkit.

References

Agustin, T. T. (2022). Penerapan metode FIFO (First In First Out) dalam pengendalian persediaan barang. Jurnal Bisnis, Logistik dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 2(2), 92-102.
Chopra, S., & Meindl, P. (2016). Supply chain management: Global edition. Pearson.
Bowersox, D. J. (1981). The McGraw-Hill/Irwin series operations and decision sciences operations management. Bowersox, 5-6.
Maulani, S. F., et al. (2023). Analisa penumpukan batubara yang mengalami overstock pada PT PLN Indonesia Power PLTU Suralaya Banten. Jurnal Logistik, 16(2).
Murti, A. S., Manuaba, I. B. G., & Arjana, I. G. D. (2020). Optimasi unit PLTU berbahan bakar batubara menggunakan metode Lagrange di PT. Indonesia Power UP Suralaya. Jurnal SPEKTRUM, 7(1), 76.
Nasution, R. V. (n.d.). [Title of the document].
Steam, Commercial-Institutional, Generating Units, Commercial-Institutional Steam, and Generating Units. (2007). 32710 addresses. Federal Register, 72(113), 32710-32768.
Tandioga, R., Mulyadi, M., Azwar, A., & Rauf, W. W. (2021). Optimasi operasi unit-unit pembangkit pada PLTU Barru. Jurnal Teknik Mesin Sinergi, 19(1), 62.
Untoro, S., & Ismail, N. R. (2022). Analisa efisiensi PLTU Paiton ketika high pressure heater (HPH 7). Jurnal Teknik Energi, 5(1), 10-15.
Tanjung, Z. P., Tambunan, Y. S., & Lubis, R. H. (2023). Penerapan metode FIFO dan metode LIFO dalam menjaga efektivitas persediaan pupuk (Studi kasus PT. Cahaya Pelita Andhika) Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 1(1), 1-8.
Published
2024-07-07
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 4 times