Analisis Pola Pembelian Perlengkapan Alat Tulis Dengan Menggunakan Metode Analisis Asosiasi

  • Sri Eniyati Universitas Stikubank Semarang
  • Th. Dwiati Wismarini Universitas Stikubank Semarang
  • Heribertus Yulianton Universitas Stikubank Semarang
  • Rina Candra Noor Santi Universitas Stikubank Semarang
  • Tiara Antesia Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Metode analisis asosiasi, atau sering disebut sebagai analisis asosiasi atau apriori, adalah teknik dalam data mining yang digunakan untuk menemukan hubungan atau pola asosiasi antara berbagai item dalam dataset transaksional atau dataset yang berisi daftar item yang dibeli atau digunakan bersama-sama. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk mengidentifikasi korelasi atau hubungan yang kuat antara item-item tersebut. Banyaknya persaingan pada dunia bisnis menuntut penggunaan teknologi agar dapat bersaing dengan toko lain.  Penganalisaan secara modern yaitu apriori akan memudahkan pemilik toko dapat menemukan keterkaitan satu barang dengan barang yang lainnya, yang bertujuan untuk mengidentifikasi item atau barang yang sering dibeli bersama-sama oleh pelanggan.

References

Ariana, A. G. B., & Asana, I. M. D. P. (2013). Analisis Keranjang Belanja dengan Algoritma Apriori pada Perusahaan retail. SESINDO 2013, 2013.
Astutik, Y. (2019) Market Basket Analysis Pada Rm. Dapoer Kerang Menggunakan Algoritma Apriori, Skripsi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank, Semarang.
Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 121-129.
Nurdin, N., & Astika, D. (2019). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Menggunakan Metode Apriori Pada Supermarket Sejahtera Lhoksemawe. TECHSI-jurnal Teknik Informatika, 7(1), 132-155.
Muhammad Rafly .(2023). Analisis Perilaku Konsumen Pada Usaha Ritel Dengan Menggunakan Metode Association Rule - Market Basket Analysis Dan Clustering Sebagai Usulan Strategi Peningkatan Penjualan (Studi Kasus: Intimart Gedongan). Teknik Industri, UII Yogyakarta.
Salam, A., & Sholik, M. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di Ecommerce OrderMas. Techno. com, 17(2), 158-170.
Santoso, H., Hariyadi, I. P., Prayitno, P. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Semnasteknomedia Online, 4(1), 3-7.
Sianturi, F. A. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan. Jurnal Mantik Penusa, 2(1).
Sihombing, E. S., Honggowibowo, A. S., & Nugraheny, D. (2012). Implementasi Data Mining Menggunakan Metode Apriori Pada Transaksi Penjualan Brang (Studi Kasus Di Chorus Minimarket). Compiler, 1(1).
Sophia, D., & Banowosari, L. Y. (2019). Implementasi Metode Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Di Waroeng Spesial Sambal. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(1).
Tiara Antesia. (2020). Analisis Penjualan Pada Toko Bagus Adnan Jaya Menggunakan Algoritma Apriori. Proceding SendiU Unisbank. Semarang
Wahyuni, S. (2018). Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(2), 67-71.
Wulandari, H. N,. & Rahayu, N. W. (2014, June). Pemanfaatan Algoritma Apriori untuk Perancangan Ulang Tata Letak Barang di Toko Busana. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).
Published
2024-07-08
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 0 times