Pengembangan Chatbot Menggunakan Framework Rasa Dalam Optimalisasi Pelayanan Di Kecamatan Semarang Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan chatbot menggunakan framework RASA dalam optimalisasi pelayanan di Kecamatan Semarang Tengah. Chatbot dirancang untuk memfasilitasi interaksi antara masyarakat dan layanan publik dengan lebih efisien melalui aplikasi yang intuitif. Metode pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain sistem berbasis arsitektur mikro, dan penggunaan teknologi terkini dalam pemrograman chatbot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi chatbot berhasil meningkatkan efisiensi pelayanan dengan mempercepat respon terhadap pertanyaan masyarakat mengenai layanan kecamatan. Admin dapat dengan mudah mengelola konten chatbot melalui antarmuka pengelolaan yang user-friendly, termasuk pengaturan dan pembaruan respons chatbot sesuai kebutuhan. Proses pelatihan model chatbot secara berkala menjadi strategi penting dalam memastikan chatbot mampu menyesuaikan diri dengan perubahan informasi dan kebijakan, sehingga memberikan respons yang akurat dan relevan. Dengan demikian, pelayanan publik di Kecamatan Semarang Tengah dapat ditingkatkan melalui integrasi teknologi chatbot yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
References
Anindyati, L. (2022). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi Pemeliharaan Aplikasi (Studi Kasus: Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Astra). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) , 291-300.
Annas, A., & Wibisono, S. (2024). Implementasi chatbot menggunakan framework rasa untuk Layanan Informasi Objek Wisata Di Kabupaten Pemalang. Journal of Information Technology and Computer Science, 123-130.
Fauzia, L., Hadiprakoso, R. B., & Girinoto. (2021). Implementation of Chatbot on University Website Using RASA Framework . 4th International Seminar on Research of Information Technology and Intelligent Systems (ISRITI), 373-380.
Kecamatan Semarang Tengah. (2024). Profil Kecamatan Semarang Tengah. Diambil kembali dari Kecamatan Semarang Tengah: https://kecsmgtengah.semarangkota.go.id/
Pradana, Z. H., Nafi'ah, H., & Rochmanto, R. A. (2022). Chatbot-based Information Service using RASA Open-SourceFrameworkin Prambanan Temple Tourism Object. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 656-662.
Ramadhan, D. S., & Amin, F. (2023). Impelementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Melayani Informasi Produk Umkm Di Kab.Kendal. Journal of Information Technology and Computer Science, 1057-1062.
Ruindungan, D. G., & Jacobus, A. (2021). Chatbot Development for an Interactive Academic Information Services using the Rasa Open Source Framework. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 61-68.
Safitri, D., & Rosadi, M. (2021). Rancang Bangun Penyedia Layanan Informasi Pelayanan Masyarakat Kantor Kecamatan Pandaan Menggunakan Chatbot. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 74-83
Susanto, R., & Sunandar, D. (2021). Implementasi Venom Bot Dan Whatsapp Pada Upaya Membumikan Statistik Melalui Asam Pedas. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis (JIKB), 148-158.
Wulandari, D., & Wibowo, J. S. (2023). Implementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Layanan Informasi Wisata Di Kota Pati. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 1-8.
Villasari, S., & Wibowo, J. S. (2024). Sistem Informasi Wisata Kab. Semarang Melalui Chatbot Dengan Framework Rasa. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 208-215.
Copyright (c) 2024 Setyono Setyono, Setyawan Wibisono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.