Studi Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Laboratorium Teknik Elektro Universitas Pembangunan Pancabudi

  • Yusrizal Pahlevi Harahap Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Zuraidah Tharo Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rahmaniar Rahmaniar Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Dari beberapa sumber energi terbarukan energi matahari adalah salah satu sumber energi yang tidak akan habis, sampai saat ini banyak penelitian yang berkembang untuk merancang alat yang dapat merubah energi matahari menjadi energi Listrik. Kegiatan studi perancangan pembangkit listrik tenaga surya dirancang untuk memenuhi alat praktikum dan penunjang wawasan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di Universitas Pembangunan Pancabudi khususnya mahasiswa teknik elektro. Studi perancangan pembangkit listrik tenaga surya diharapkan mampu mengukur kerja panel saat dirangkai seri maupun paralel dan mampu mengukur pengaruh orientasi dan sudut kemiringan panel terhadap datangnya arah sinar matahari. Selain dari itu studi perancangan pembangkit listrik tenaga surya berfokus untuk menambah wawasan mahasiswa dalam memanfaatkan energi panas matahari menjadi energi listrik. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui, merancang, dan menganalisis kesediaan energi matahari sebagai salah satu alternatif solusi untuk penunjang pembelajaran. Studi perancangan pembangkit listrik tenaga surya dirancang dengan panel surya berkapasitas 50 WP, solar charge controller yang dipakai dapat bekerja pada sistem 12/24 VDC dengan arus maksimum 20 Ampere, inverter beroperasi pada sistem 12 VDC, selanjutnya baterai yang digunakan mempunyai kapasitas 12 VDC 100 Ah. Adapun tahapan yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian adalah dimulai dengan tinjauan Pustaka, identifikasi masalah, perumusan masalah, pengumpulan data, proses perancangan, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan. Hasil yang ingin dicapai serta kontribusi terhadap ilmu pengetahuan dalam pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah publikasi ilmiah pada Jurnal Nasional Universitas Pembangunan Pancabudi.

References

Zuraidah Tharo, Hamdani, Melly Andriana. 2019. Pembangkit Listrik Hybrid Tenaga Surya dan Angin Sebagai Sumber Alternatif Menghadapi Krisis Energi Fosil di Sumatera. Jurnal Teknik SEMNASTEK UISU 2019 (http://jurnal.uisu.ac.id)
Hamdani, Zuraidah Tharo, Siti Anisah. 2019. Perbandingan Performansi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Antara Daerah Pegunungan Dengan Daerah Pesisir. Jurnal Teknik SEMNASTEK UISU 2019 (http://jurnal.uisu.ac.id)
Zuraidah Tharo, H Hamdani, Analisis biaya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap skala rumah tangga Journal of Electrical and System Control …, 2020 – (http://ojs.uma.ac.id)
Putu Dita Suryadi, I Putu Suka Arsa., Wayan Mahardika Prasetsya. Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dalam Pengukuran Arus Dan Tegangan Listrik Pada Rangkaian Seri Paralel, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (2023), 12(3), 233-243
Jaka Windarta, Enda Wista Sinuraya, Darell Mahardhika, Ilham Muammar,. 2020. Studi Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan Sistem On Grid untuk Supply Listrik pada Lingkungan Bank Perkreditan Rakyat Pedesaan di BPR BKK Mandiraja Cabang Wanayasa Kabupaten Banjarnegara ditinjau dari Teknis dan Ekonomi Teknik. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat UNDIP 2020 (Website: http://semnasppm.undip.ac.id)
Zuraidah Tharo, H Hamdani, M. Andriana, Perancangan Dan Implementasi Genset 450 Va Berbasis Panel Surya Journal of Electrical and System Control …, 2020 – (http://ojs.uma.ac.id)
Puhrani Burhan, Sunu Hasta Wibowo, M. Ali Watoni 2022. Studi Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dengan Kapasitas 250 WP. Jurnal INTEKNA, (Online), Vol.22,No.2, Hal. 76-162 (http://ejurnal.poliban.ac.id)
Selfiana dan Melson Marin. 2021. Rancang Bangun Modul Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Laporan Tugas Akhir. Politeknik Negeri Ujung Pandang
Zuraidah Tharo, Hamdani, Melly Andriana. 2019. Rancang Bangun Inverter Gelombang Sinus Termodifikasi Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Rumah Tinggal. Jurnal Teknik SEMNASTEK UISU 2019 (http://jurnal.uisu.ac.id)
Rahmaniar, Khairul, Agus Junaidi. 2023. Analysis of Shadow Effect on Solar PV Plant using Helioscope Simulation Technology in Palipi Village. 9(1), 75-83.
“NASA Prediction of Worldwide Energy Resources.” [Online]. Available: https://power.larc.nasa.gov/data-accessviewer/. [Accessed: 02-Mei-2024].
Published
2024-07-14
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 5 times