Implementasi Alat Pendeteksi Banjir Berbasis Internet Of Things Via Telegram Pada Kampung Pengarengan

  • Ahmad Ghazi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Ilham Adi Syaputra Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Nauval Salam Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Kiki Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendeteksi banjir berbasis IoT dengan notifikasi Telegram untuk masyarakat di Kampung Pengarengan. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya sistem peringatan dini yang efektif terhadap banjir, menyebabkan kerugian material dan korban jiwa. Peneliti menggunakan pendekatan perancangan prototipe sistem deteksi banjir berbasis IoT dengan sensor ultrasonik dan water level sensor. Data penelitian diperoleh melalui observasi kondisi sistem peringatan banjir, wawancara dengan warga setempat, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem ini dapat memberikan notifikasi dini kepada warga terkait potensi banjir, meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, dan mengurangi dampak buruk dari bencana banjir. Diharapkan solusi ini dapat menjadi langkah proaktif dalam mitigasi bencana banjir di Kampung Pengarengan dan daerah sekitarnya.

References

Hidayat, A., Yani, A., Mahakarya, S. (2019). Membangun website SMA PGRI Gunung Raya Ranau menggunakan PHP dan MySQL.
Rohmat, C.L., Nurdiawan, O., Ali, A., Dikananda, A.R., Luthfi, A.H., Rohayati, E. (2023). Implementasi alat pemantau debit dan ketinggian air sungai berbasis internet of things untuk penanggulangan banjir. Journal of Computer System and Informatics. 5(1): 136-143. Doi: 10.47065/josyc.v5i1.4518.
Sari, A.P., Suhendi. (2020) Rancang bangun sistem informasi pengelolaan talent film berbasis aplikasi web. Jurnal Informatika Terpadu. 6(1): 29-37.
Sholehuddin, M.D.A., Auliasari, K., Faisol, A. (2021). Pengembangan sistem ujian online minat dan bakar siswa SMK pada SMK Islam Batu. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. https://doi.org/10.36040/jati.v5i2.3723
Published
2024-09-21
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times