Analisis Sentimen Mengenai Produk Inovasi Invisible TV Menggunakan Algoritma Naïve Bayes

  • Sri Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Maryana Febryanti Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Televisi merupakan salah satu sumber informasi utama bagi Masyarakat, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini hadir inovasi baru, Invisible TV, sebuah produk yang memperkenalkan konsep televisi menjadi transparan. Peluncuran produk ini menimbulkan reaksi beragam dari publik di media sosial pada platform YouTube. Masyarakat memberikan opini mereka melalui kolom komentar, hal ini memicu pro dan kontra. Oleh karena itu, diperlukan analisis sentimen untuk memahami dan menginterpretasikan pandangan masyarakat terhadap inovasi Invisible TV, lebih cenderung positif atau negatif. Analisis sentimen YouTube adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi pendapat atau sentimen seseorang dalam komentar di platform tersebut, Dalam penelitian ini, Peneliti mengimplementasikan pembobotan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Dengan final data di proses sebanyak 2186 data menggunakan Algoritma Naïve Bayes, hasil Sentimen menunjukkan 28,41% bersentimen positif yang berjumlah 621 data sedangkan 71.59% bersentimen negatif yang berjumlah 1565 data, dengan hasil akurasi sebesar 98.90%. Berdasarkan analisis menggunakan aplikasi RapidMiner, tingginya sentimen negatif menandakan ketidaktertarikan masyarakat terhadap inovasi Invisible TV.

References

Adelia, S., Milanda, E., Santari, J., Kesuma, D. T., Silvia, E., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Sentimen Belajar Programming Pada Media Sosial Youtube Menggunakan Algoritma Klasifikasi Naive Bayes. Journal of Information Technology Ampera, 4(3), 2774–2121. https://journal-computing.org/index.php/journal-ita/index
Annur Mutia, C. (2023). Media Sosial, Sumber Informasi Utama Masyarakat Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/30/media-sosial-sumber-informasi-utama-masyarakat-indonesia
Dwi Purniati, Samsu, & Adi Iqbal. (2022). Pemanfaatan Media Televisi dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat Desa Sungai Ruan Ilir Kabupaten Batang Hari. Journal of Religion and Film, 1(1), 19–36. https://doi.org/10.30631/jrf.v1i1.3
Galeon, D. (2019). “TV Tak Terlihat” Panasonic yang Baru dan Lebih Baik Menjadi Transparan Saat Dimatikan. Futurism. https://futurism-com.translate.goog/panasonics-new-and-improved-invisible-tv-becomes-transparent-when-its-turned-off?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc&_x_tr_hist=true
Hudha, M., Supriyati, E., & Listyorini, T. (2022). Analisis Sentimen Pengguna Youtube Terhadap Tayangan #Matanajwamenantiterawan Dengan Metode Naïve Bayes Classifier. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33387/jiko.v5i1.3376
Iskandar. (2020). Xiaomi Pamer TV OLED Tembus Pandang, Seperti Apa Bentuknya? Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4329049/xiaomi-pamer-tv-oled-tembus-pandang-seperti-apa-bentuknya?page=3
Jonathan, M., & Nataliani, Y. (2022). Analisis Sentimen Penilaian Masyarakat Indonesia terhadap GeNose pada Komentar Youtube Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 11(01). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian/article/view/38339
Munthe, M. P., Ansori, A. S. R., & ... (2021). Analisis Sentimen Komentar Pada Saluran Youtube Food Vlogger Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. EProceedings of Engineering, 8(6), 11909–11916. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/16897
Mustika, Ardila, Y., Manuhutu, A., Ahmad, N., Hasbi, I., Guntoro, Manuhutu, M. A., Ridwan, M., Hozairi, Wardhani, A. K., Alim, S., Romli, I., Religia, Y., Octafian, D. T., Sufandi, U. U., & Ernawati, I. (2021). Data Mining dan Aplikasinya. In Penerbit Widina. https://repository.penerbitwidina.com/uk/publications/351768/data-mining-dan-aplikasinya
Mustofa, R. L., & Prasetiyo, B. (2021). Sentiment analysis using lexicon-based method with naive bayes classifier algorithm on #newnormal hashtag in twitter. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042155
Subandi. (2011). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179.
Tuga Mauritsius, F. B. (2020). Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM). https://mmsi.binus.ac.id/2020/09/18/cross-industry-standard-process-for-data-mining-crisp-dm/
Published
2024-09-21
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 1 times