Optimalisasi Growth Hacking Pada CRM ( Customer Relationship Management ) Design Produk Interior & Furniture
Abstract
Penelitian ini bertujuann untuk meningkattkan efisiensi CRM ( Customer Relationship Management ) melalui penerapan metode growth hacking. Fokus utamanya adalah mempercepat respon terhadap komplain pelanggan dan menyederhanakan proses pengajuan permintaan sesuai kebutuhaan. Penerapan CRM pada suatu perusahaan untuk memberikan jaminan kepada pelanggan mendapatkan pelayanan yang terbaik serta respon yang cepat dalam mengatasi komplain pelanggan sekaligus menyediakan sarana yang efisien untuk pengajuan permintaan sesuai preferensi pelanggan. Growth hacking pada CRM memungkinkan pelanggan melakukan customisasi design produk sesuai dengan keinginan pelanggan, Metode ini juga diharapkan dapat meningkatkan retensi pelanggan dengan menawarkan pengalaman yang lebih personal dan memuaskan untuk setiap pelanggan.
References
Bargoni, A., Jabeen, F., Santoro, G., & Ferraris, A. (2024). Growth hacking and international dynamic marketing capabilities: a conceptual framework and research propositions. International Marketing Review, 41(1). https://doi.org/10.1108/IMR-07-2022-0156
Buil, P., Kellner, L., Ehlers, S., & von Bock und Polach, F. (2022). Analyzing Flexural Strength Data of Ice: How Useful Is Explainable Machine Learning? https://doi.org/10.1115/omae2022-87434
Cavallo, A., Cosenz, F., & Noto, G. (2023). Business model scaling and growth hacking in digital entrepreneurship. Journal of Small Business Management. https://doi.org/10.1080/00472778.2023.2195463
Conway, T., & Hemphill, T. (2019). Growth hacking as an approach to producing growth amongst UK technology start-ups: an evaluation. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 21(2). https://doi.org/10.1108/JRME-12-2018-0065
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II).
Farhatun Nisaul Ahadiyah. (2023). Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1). https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.5
Landrigan, M. (2005). Customer Relationship Management: Concepts and Tools. In Journal of Consumer Marketing (Vol. 22, Issue 4). https://doi.org/10.1108/07363760510605380
Mildawati, T. (2000). Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia. Ekuitas, 4(2).
Modrak, V., & Soltysova, Z. (2020). Management of product configuration conflicts to increase the sustainability of mass customization. Sustainability (Switzerland), 12(9). https://doi.org/10.3390/su12093610
Mulyadi. (2018). Konsep Sistem. Jurnal Nuansa Informatika, 11(2).
Munanzar, R., Qadriah, L., & Maryanti, M. (2023). ANALISA POLA BELANJA PADA SWALAYAN SUMAN MART MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH. Jurnal Real Riset, 5(1). https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1160
Rahayu, S., Kurniadi, D., & W, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Data Penjualan dan Pemesanan di SKMart Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 20(2). https://doi.org/10.33364/algoritma/v.20-2.1405
Triastity, R. (n.d.). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT: UPAYA PENCAPAIAN PROFITABILITAS JANGKA PANJANG.
Walenta, A. S., Kuswinardi, J. W., Wardani, A. N. K. W., Efendi, B., & Zulfikhar, R. (2023). Aplikasi Manajemen Hubungan Pelanggan ( Customer Relationship Management CRM ) dalam Era Digital: Analisis Literatur tentang Keuntungan dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Wibowo, E. A. (2016). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN APLIKASINYA DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR DAN JASA. JURNAL DIMENSI, 3(2). https://doi.org/10.33373/dms.v3i2.81
Yuanto, E. N., & Lati suro, S. W. (2022). Pengembangan E-Business dengan Konsep Customer Relationship Management (CRM) PT. Putra Wisana Motorrad. Applied Information System and Management (AISM), 5(1). https://doi.org/10.15408/aism.v5i1.22595
Copyright (c) 2024 Wahyu Prasetyo, Dewi Handayani Untari Ningsih, Eri Zuliarso, Dwi Budi Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.