Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Pola Pembelian Konsumen Di Marketplace Shopee Jaktimstore

  • Marindah Marindah Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Kiki Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet membawa dampak signifikan pada perilaku konsumen, terutama dalam hal bertransaksi. Jaktimstore belum memanfaatkan data transaksi penjualan. Data tersebut hanya disimpan dan tidak digunakan untuk membuat strategi pemasaran. Akibatnya, toko tidak dapat mengetahui barang apa yang paling diminati oleh pelanggan. Dan terjadi kesulitnya dalam menentukan pengaturan promo paket diskon antara satu item produk dengan item produk lainnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merekomendasikan produk kepada pembeli guna meningkatkan jumlah penjualan. Pada metode penelitian melibatkan pengumpulan data kualitatif melalui observasi dan wawancara, serta pengolahan data transaksi dari Desember 2023 hingga Mei 2024 menggunakan metode CRISP-DM. penelitian ini menunjukkan bahwa dengan minimum support 20% dan minimum confidence 80%, dihasilkan 53 aturan asosiasi. Dapat disimpulakan bahwa algoritma Apriori efektif untuk mengidentifikasi hubungan produk, yang dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada pelanggan guna meningkatkan penjualan​

References

Data Mining and Data Warehousing: Principles and Practical Techniques. (2019). Data Mining and Data Warehousing.
Dongga, J., Sarungallo, A. `, Koru, N., & Lante, G. (2023). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang (Studi Kasus: Toko Swapen Jaya Manokwari). G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(1), 119–126. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i1.1938
Ismai. (2021). Algoritma Apriori Penentuan Pola Penjualan (Studi Kasus Prototype Toko Akhtar Galaxy).
Listanto, S., & Meisella Kristania, Y. (2022). IMPLEMENTASI DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN DENGAN ALGORITMA APRIORI PADA PT. DUTA KENCANA SWAGUNA (Vol. 16, Issue 2). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
Marince. (2024). Data mining dan Aplikasi (pp. 1–223).
Nurislah, B., & Gustian, D. (2024). PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Vol. 10, Issue 1). https://rekayasa.nusaputra.ac.id/index
Perusahaan E-Commerce dengan Nilai Transaksi Bruto (Gross Merchant Value/GMV) Terbesar di Asia Tenggara (2022). (2023). No Title. Cindy Mutia Annur. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/21/ini-perusahaan-e-commerce-dengan-nilai-transaksi-terbesar-di-asia-tenggara-pada-2022
Rosmayati, I., Wahyuningsih, W., Harahap, E. F., & Hanifah, H. S. (n.d.). Implementasi Data Mining pada Penjualan Kopi Menggunakan Algoritma Apriori. https://jurnal.itg.ac.id/
Published
2024-09-19
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 0 times