Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Produk Umkm Raja Geprek Pada Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori

  • Veri Arinal Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Irma Rusmarhadi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Salah satu UMKM di bidang kuliner yang menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan data penjualan untuk merancang strategi penjualan yang efektif adalah UMKM Raja Geprek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pembelian konsumen dengan data mining menggunakan algoritma apriori, yang bertujuan meningkatkan laba penjualan melalui bundling menu dan promosi yang efektif dengan menganalisis dataset transaksi penjualan. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data awal, diikuti oleh pendeskripsian data dan evaluasi pemilihan data. Setelah itu, dilakukan pemilihan atribut. Metode CRISP-DM diterapkan dalam penelitian ini, yang mencakup enam tahap yaitu pemahaman bisnis, pemahaman data, persiapan data, pemodelan, evaluasi, dan penyebaran.

References

[1] F. A. Sitanggang and P. A. Sitanggang, “Buku Ajar Perilaku Konsumen,” Perilaku Konsumen. p. 217, 2021.
[2] Padola, Nagari, Marlin, and Maradidya, “Sistem Informasi Akuntansi & Bisnis.” pp. 15–16, 2023.
[3] I. G. I. Sudipa, I. G. M. Darmawiguna, I. M. Dendi, and M. Sanjaya, Buku ajar data mining, no. January. 2024.
[4] R. Randy, “Penerapan Data Mining untuk Menentukan Promosi Penjualan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: Coffe Shop Kopi Bonjera Jakarta),” vol. 1, no. 6, pp. 1522–1531, 2023, [Online]. Available: https://repository.unpam.ac.id/11032/
[5] A. Prasetyo, R. Sastra, and N. Musyaffa, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Dapoerin’S),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.31294/jki.v8i2.8994.
[6] I. Darmawan and R. R. Santika, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Penjualan Kendaraan Pada Pt. Solusi Integrasi Pratama (Sitama),” Pros. Semin. Nas. …, vol. 2, no. September, pp. 379–388, 2023.
[7] R. Abizal, Y. Syahra, and H. Hafizah, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Penjualan Pada Restoran Sederhana,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, p. 76, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4794.
[8] N. N. Merliani, N. I. Khoerida, N. T. Widiawati, L. A. Triana, and P. Subarkah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 9–16, 2022, doi: 10.25077/teknosi.v8i1.2022.9-16.
[9] R. W. Perdana et al., “IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN SEPRAI MENGGUNAKAN Abstrak,” vol. 7, no. 1, pp. 144–154, 2023.
[10] P. Studi, P. J. J. Informatika, and F. Informatika, “PENERAPAN DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TOKO CITRA UTAMA,” vol. 8, no. 2, pp. 401–415, 2024, doi: 10.52362/jisamar.v8i2.1485.
[11] L. Aprita and A. Perdana, “Penerapan Metode Data Mining terhadap Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori pada Toko Metro Akustik,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 274–283, 2023, doi: 10.37012/jtik.v9i1.1381.
[12] A. Juliano, Rasim, and Sugiyatno, “Algoritma Apriori Untuk Pola Penjualan Pada Kedai Kopi Studi Kasus: Kedai Kopioko,” J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 29–38, 2022, doi: 10.31599/jsrcs.v3i1.1148.
[13] T. A. Lestari, R. Ramadhanti, and A. P. Windarto, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Roti Ganda Pematangsiantar,” Media Online), vol. 1, no. 2, pp. 37–41, 2021.
[14] T. M. Wibowo and C. M. Karyati, “IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK (Studi kasus Toko Kanaya Rooftop Garden),” Explore, vol. 11, no. 2, p. 127, 2021, doi: 10.35200/explore.v11i2.488.
[15] Y. M. Kristania and S. Listanto, “Implementasi Data Mining Terhadap Data Penjualan Dengan Algoritma Apriori Pada Pt. Duta Kencana Swaguna,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 364, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1973.
[16] L. C. Dewi, E. Irawan, and R. K. Sormin, “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Mining Penjualan Di Alfamart Berastagi,” vol. 1, no. 1, pp. 38–47, 2022.
[17] “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 1, pp. 51–66, 2017, [Online]. Available: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
[18] A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan Data Mining using Apriori Algorithm for Product Recommendation for Customers,” vol. 7, no. December 2018, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
[19] S. Sinaga and A. M. Husein, “Penerapan Algoritma Apriori dalam Data Mining untuk Memprediksi Pola Pengunjung pada Objek Wisata Kabupaten Karo,” vol. 2, no. April, pp. 320–325, 2019.
[20] A. F. Yudanar, S. H. Fitriasih, and M. Hasbi, “Rekomendasi Barang Di Toko Elektrik Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 8, no. 2, 2020.
[21] A. Junaidi, A. Rahman, and Y. Yunita, “Prediksi Persediaan Bahan Baku untuk Produksi Percetakan Menggunakan Metode Asosiasi,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 1, pp. 25–31, 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.9597.
[22] P. Studi, S. Informasi, and J. Selatan, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN PRODUK DANA PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA ( PERSERO ) TBK,” vol. 3, no. 1, 2020.
[23] B. A. Najib and N. Suryani, “Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Dengan Metode Algoritma Apriori,” vol. VI, no. 1, pp. 61–70, 2020, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
[24] A. F. Budiantara and C. Budihartanti, “IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MANAJEMEN INVENTORY PADA PT . MASTERSYSTEM INFOTAMA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI,” vol. 7, no. 1, 2020.
[25] A. Fiyan, N. Falahie, T. Susyanto, and R. T. Vulandari, “Implementasi Algoritma Apriori pada Tata Letak Kategori Buku di Perpustakaan,” no. 1, pp. 23–34, 2022.
[26] J. K. Informatika and I. Artikel, “ANALISIS DATA TRANSAKSI UNTUK PENENTUAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN ALGORITMA APRIORI Diterima : Diterbitkan :,” vol. 10, no. 1, pp. 8–16, 2022.
[27] V. Arinal and M. Afsari, “Penerapan Metode Asosiasi Pada Data Penjualan Transaksi Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus Circle ’ K Apartemen Marabella Jakarta Selatan ),” vol. 5, no. 1, pp. 170–176, 2023.
[28] P. Iswandi et al., “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA TRANSAKSI TATA LETAK BARANG,” vol. 6, no. 1, pp. 70–74, 2020.
[29] “Kolaborasi_UMKM_Usaha_Mikro_Kecil_dan_Me.”
[30] P. Sitama, I. Darmawan, and R. R. Santika, “DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM PENJUALAN KENDARAAN PADA PT . SOLUSI INTEGRASI DATA MINING USING APRIORI ALGORITHM IN VEHICLE SALES AT PT . PRATAMA INTEGRATION SOLUTION ( SITAMA ),” vol. 2, no. September, pp. 379–388, 2023.
[31] A. H. Sutopo, “Penelitian Kualitatif dengan NVivo.” pp. 1–147, 2021.
[32] P. Rahayu et al., “Buku Ajar Data Mining,” vol. 1. 2018.
[33] “ALGORITMA_C4_5_KLASIFIKASI_TITIK_DAN_JEN.”
[34] “POWER_SALES_Rahasia_Sukses_Memimpin_Tim.”
Published
2024-09-21
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 10 times