Analisis Data Sentimen Perbandingan Terhadap Game Online Mobile Legends dan PUBG Mobile Berdasarkan Tanggapan Masyarakat X Menggunakan Algoritma Naïve Bayes

  • Fadillah Ali Rohmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Cipta Karya Informatika Jakarta
  • Edhy Poerwandono Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Cipta Karya Informatika Jakarta

Abstract

Mobile legends dan PUBG Mobile adalah game online yang sangat popular. Dengan berkembangnya industri game dan meningkatnya pengguna game online, penting untuk memahami bagaimana sentimen masyarakat merespon kedua game ini. Analisis sentimen memberikan wawasan berharga mengenai pandangan dan pengalaman pengguna yang dapat digunakan oleh pengembang untuk meningkatkan kualitas game. Oleh karena itu pada penelitian ini, akan mengambil komentar serta ulasan dari X dengan kata kunci pencarian Mobile legends dan PUBG Mobile untuk diolah dan mengklasifikasikan teks dengan menggunakan metode analisa sentimen. Data dikumpulkan dari media sosial X yang berisi tanggapan dan  ulasan masyarakat sebanyak 2000 data tentang Mobile Legends dan PUBG Mobile. Proses analisis sentimen ini dilakukan dengan klasifikasi teks dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas sentimen positif dan kelas sentimen negatif. Algoritma Naïve Bayes diterapkan untuk mengklasifikasikan sentimen menjadi positif dan negatif.

References

[1] K. Surbakti, “No Title,” vol. 01, no. 01, pp. 28–38, 2017.
[2] J. Bimbingan and K. Issn, “Vol. 2 No. 3 Desember 2022 BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling ISSN : 2808-733X,” vol. 2, no. 3, 2022.
[3] M. Wahid and A. Fauzan, “GAME ONLINE SEBAGAI POLA PERILAKU ( Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako ),” vol. 8, no. 3, pp. 275–283, 2021.
[4] A. D. Zahra, “Dampak Paparan Game Online Pada Anak Usia Dini,” vol. 2, no. 1, pp. 156–165, 2023.
[5] U. M. Surakarta, “yang Hafsyah,” vol. 4, no. 2, pp. 364–376, 2020.
[6] J. Program, S. Pendidikan, U. Mulawarman, J. Hasibuan, A. Anggreni, and U. N. Medan, “FENOMENA KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI,” vol. 3, no. 1, pp. 20–28, 2022.
[7] D. Mariana, “Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar,” vol. 3, no. 2, pp. 99–104, 2020.
[8] S. Irawan and D. S. W, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik,” vol. 7, no. 1, pp. 9–19, 2021.
[9] V. Fazrian, T. Suprapti, and R. Narasati, “PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP ANALISIS SENTIMEN APLIKASI GAME MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA ( STUDI KASUS : MOBILE LEGEND ),” vol. 8, no. 1, pp. 1005–1012, 2024.
[10] J. Ilmiah and K. Indonesia, “Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia Vol 5, No 1, 2021,” vol. 5, no. 1, pp. 29–44, 2021.
[11] F. I. Wibowo and A. Febriandirza, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Game Pubg Di Google Play Store Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” vol. 5, pp. 590–599, 2024, doi: 10.30865/json.v5i3.7264.
[12] M. I. Syarif, R. Adha, R. Pohan, and D. Lestari, “Jurnal Ilmu Komputer ,
Ekonomi dan Manajemen ( JIKEM ),” vol. 3, no. 2, pp. 3079–3095, 2023.
[13] D. Darwis, N. Siskawati, and Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter BMKG Nasional,” vol. 15, no. 1, pp. 131–145.
[14] E. Laia and M. Yamin, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Menganalisis Sentimen pada Review Pengguna E-Commerce,” vol. 4, no. 1, pp. 305–316, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1186.
[15] F. Ratnawati, “Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter,” 2018.
[16] A. Rahman, E. Utami, M. T. Informatika, and U. A. Yogyakarta, “Sentimen Analisis Terhadap Aplikasi pada Google Playstore Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Algoritma Genetika,” vol. 5, no. 1, pp. 60–71, 2021.
[17] B. Z. Ramadhan, I. Riza, and I. Maulana, “Analisis Sentimen Ulasan Pada Aplikasi E-Commerce Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” vol. 6, no. 2, pp. 220–225, 2022.
[18] R. Sistem, “Jurnal resti,” vol. 5, no. 10, pp. 820–826, 2021.
[19] S. Tanahku, “Analisis Sentimen Aplikasi E-Government Pada Google Play Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” vol. 9, no. 2, pp. 785–795, 2022.
[20] A. K. Dewi et al., “Analisis Sentimen Ekspedisi Sicepat Dari Ulasan,” vol. 9, no. 2, 2022.
Published
2024-09-21
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 2 times